Friday, 10 July 2020

599 Siswa Ikuti Seleksi Paskibraka

paski 1

Guna menjaring anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, Pemerintah Kabupaten Kediri mulai menggelar seleksi calon Paskibraka tahun 2020. Bertempat di halaman belakang kantor Pemkab Kediri, ratusan pelajar dari SMA/MA/SMK se-Kabupaten Kediri mengikuti tes postur dan samapta, (14/3).

Pelaksanaan seleksi Paskibraka dimulai dengan apel bersama yang dipimpin oleh Plt. Kepala Bakesbangpol Kabupaten Kediri, Dr. Muhammad Solikin, MAP. Kepada seluruh peserta, beliau mengatakan bahwa seleksi Paskibraka merupakan kegiatan yang sangat penting.

“Kegiatan ini merupakan wujud kita bersama dalam rangka mencintai negeri ini, serta bendera merah putih sebagai simbol kedaulatan dan identitas kita dalam berbangsa dan bernegara. Tidak hanya melatih kedisiplinan, melalui kegiatan ini para peserta juga dipupuk rasa nasionalismenya,” kata Kepala Bakesbangpol.

paski 2

Usai apel, seluruh peserta melaksanakan seleksi fisik yang diawali dengan pengukuran postur tubuh, yaitu pengukuran tinggi badan dan berat badan. Tinggi badan minimal untuk putra 165 cm dan untuk putri 160 cm. Setelah itu peserta juga melaksanakan seleksi samapta yaitu berlari mengelilingi lapangan kantor Pemkab Kediri selama 10 menit. Untuk lolos tes ini, peserta minimal harus menyelesaikan 7 putaran dalam waktu 10 menit tersebut.

Seleksi postur dan samapta ini melibatkan tim gabungan dari Pemkab,TNI dan Polri. Sebanyak 599 pelajar yang ikut seleksi ini nantinya akan diambil 200 orang untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tes kesehatan dan wawancara.

paski 3

Ditambahkan oleh Dr. Muhammad Solikin, seleksi ini tidak hanya untuk menjaring anggota Paskibraka saja, namun yang lebih penting adalah untuk menanamkan wawasan kebangsaan, memupuk rasa patriotisme dan dan cinta tanah air. (Kominfo/rx,vy,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner