Friday, 24 January 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Apel Kesiapsiagaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Korem 082 Citra Panca Yudha Jaya (CPYJ) dengan Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar apel kesiapsiagaan latihan penanggulangan bencana alam. Apel ini diselenggarakan di lapangan area Simpang Lima Gumul, Senin pagi (2/12/19).

cpyj 1

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Danrem 082/CPYJ, Kolonel Arm Ruly Chandrayadi. Dihadiri anggota Forkopimda Kab. Kediri, Kapolres Kediri Kota dan instansi terkait lainya.

Dalam amanatnya, Danrem Kolonel Arm Ruly Chandrayadi mengatakan, Korem 082/CPYJ melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah.

“Kegiatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian Korem 082/CPYJ, sebagai satuan pemandu kewilayahan yang turut berperan aktif dalam membangun sistem pertahanan negara melalui misi kemanusiaan dengan membantu masyarakat yang terkena musibah. Hal ini sesuai dengan UU TNI no. 34 tahun 2004 tetang tugas pokok TNI dalam mendukung operasi kemanusiaan,” jelasnya.

cpyj 2

“Kegiatan ini dimulai hari ini 2 Desember 2019 - 6 Desember 2019 yang melibatkan kurang lebih 350 personil yang terdiri dari 150 orang sebagai pelaku, 40 penyelenggara, 160 personil dari Pemda, Satpol PP, BPBD, Dinkes Kota dan Kab kediri, TNI, Tagana, relawan serta melibatkan masyarakat wilayah Kab. Kediri,” urai Kolonel Ruly.

Sebagai informasi, tujuan dari apel ini adalah dapat diperoleh suatu kesiapan personal serta kesamaan visi persepsi dan interpretasi. Didukung oleh pemikiran secara integral dan komprehensif terkait prosedur mekanisme serta pelibatan satuan instansi dalam penanggulangan bencana alam, pada tahap pra bencana, tanggap darurat dan paska bencana.

Terakhir Kolonel Ruly berharap, kegiatan ini dapat memelihara dan meningkatkan kesatuan komando kewilayahan dalam mempersiapkan dan pelaksaan kesiapsiagaan penanggulangan alam. Nantinya diharapkan dapat diaplikasikan pada situasi dan kondisi sebenarnya secara benar, cepat dan tepat.

cpyj 3

“Seperti contoh pada tahun 2014 lalu terjadi bencana erupsi Gunung Kelud. Apresiasi yang sangat tinggi kepada Pemkab Kediri bahwa tidak ada korban jiwa satupun. Ini merupakan hal yang perlu dicontoh oleh daerah yang lainya,” kata Kolonel Ruly. (Kominfo/dn,lks,tee,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner