Friday, 06 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Penguatan Kelembagaan PDKK Menuju Kediri Inklusi

Kaum disabilitas identik dengan keterbatasan fisik, tapi hal ini tidak menyurutkan niat bagi para penyandang disabilitas untuk berkarya. Bertempat di Hotel De Pratnya Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, para disabilitas mengikuti acara kegiatan penguatan kelembagaan yang digelar Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) bersama Lembaga Suar, (26/11/19).

pdkk 1

Kegiatan penguatan kelembagaan digelar PDKK selama tiga hari, yakni tanggal 22, 25 dan 26 November 2019. Kegiatan yang ditujukan untuk para penyandang disabilitas ini bertujuan untuk menguatkan para penyandang disabilitas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu juga untuk menunjukkan bahwa penyandang disabilitas bisa berkarya.

Wajah ceria tampak menghiasi para penyandang disabilitas ini. Tidak ada yang membedakan antara penyandang disabilitas maupun bukan disabilitas. Di sela-sela acara, sesekali dilakukan sesi diskusi maupun wawancara yang diikuti perwakilan penyandang disabilitas. Mereka diberikan tema oleh narator yang kemudian dipresentasikan, misalnya tentang peran disabilitas di bidang kesehatan, pemerintahan maupun sosial.

Sanusi, Direktur Suar Indonesia mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan bekal kepada para penyandang disabilitas di tengah masyarakat. Dukungan berbagai pemangku kepentingan pun diperlukan untuk membantu para penyandang disabilitas untuk meningkatkan martabat dan hak mereka.

pdkk 2

Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas kawan-kawan disabilitas dan bagaimana mereka keluar dari diskriminasi, stigmatisasi dan bisa mengakses dengan hal-hal yang sementara ini berhubungan dengan hak mereka," tambahnya. (Kominfo/rx,dng,tee,wk)

banner