Thursday, 23 January 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Festival Lansia, Tetap Semangat Untuk Hidup Sehat

lansia 1

Ratusan perwakilan lansia dari 26 kecamatan se-Kabupaten Kediri mengikuti jalan santai dan senam lansia di depan Taman Hijau Kawasan SLG, Sabtu (23/11). Kegiatan yang digelar Dinas Sosial Kabupaten Kediri ini merupakan rangkaian Festival Lansia Kabupaten Kediri tahun 2019, yang mengusung tema "Tetap Semangat Untuk Hidup Sehat".

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ir. Edi Yuwono, MT, Plt. Kepala Dinsos Suharsono, para Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kediri.

Masa lansia biasanya digunakan untuk berdiam diri di rumah. Tapi tidak bagi lansia yang hadir di festival tadi. Mereka nampak seperti usia 17 tahun. Gerakan enerjik dari para lansia mampu mencairkan suasana.

Dalam sambutannya, Ir. Edi Yuwono menegaskan agar lansia tetap menjaga kesehatan. Penyelenggaraan kegiatan ini bisa menjadi kebiasaan lansia untuk menjaga kebugaran, melalui olahraga rutin seperti jalan sehat dan senam di desa masing masing.

lansia 2

"Saya menghimbau bapak ibu untuk peduli kepada kesehatannya, baik kesehatan fisik melalui olahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi. Jaga kesehatan fisik dan mental melalui kegiatan keagamaan, kesenian dll. Dan kesehatan fikir melalui kegiatan relaksasi, berkumpul bersama keluarga tercinta dan sebagainya " ujarnya.

Ditambahkan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Suharsono, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar lansia bisa tetap semangat hidup sehat. Harapannya lansia tidak hanya diam di rumah melainkan bisa tetap beraktivitas.

"Lansia Kabupaten Kediri harus tetap semangat. Usia memang makin rentan, tetapi semangat dan hidup sehat itulah yang harus selalu kita utamakan," katanya.

Kegiatan diawali dengan senam bersama. Dipandu instruktur, tampak para lansia antusias mengikuti seluruh gerakan senam. Sesaat kemudian, kakek nenek tersebut mengikuti jalan santai di kawasan seputar Taman Hijau. Acara semakin meriah dengan pelaksanaan kuis dan pembagian doorprize.

lansia 3

Sebagai informasi, rangkaian Festival Lansia akan berlanjut pada Selasa, 25 November mendatang, dengan pelaksanaan lomba Tartil Al Qur’an. Lomba ini akan diikuti masing-masing perwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Kediri. (Kominfo/rx,tee,tj,wk)

banner