Sunday, 23 February 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Berantas Sarang Nyamuk Untuk Cegah DBD

psn 1

Sebanyak 153 siswa SMPN 1 Gurah melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) Demam Berdarah Dengue (DBD), pada Jumat (27/9). Selain dilaksanakan di area sekolah, PSN juga menyasar ke rumah warga dengan radius 200 meter di sekitar SMPN 1 Gurah.

Kepala SMPN 1 Gurah mengatakan, kegiatan ini merupakan sumbangsih siswa dalam pelayanan kesehatan di masyarakat . Sebanyak 153 siswa yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) ini berfungsi membantu pemahaman masyarakat dalam mengantisipasi wabah DBD agar tidak terjadi lagi.

psn 2

“Kami berterima kasih kepada Dinas Kesehatan, PMI, Koramil dan Puskesmas yang telah membekali ilmu hidup sehat kepada anak-anak. Terutama bagaimana berperilaku sehat di dalam lingkungan dalam mengantisipasi wabah DBD,” jelasnya.

Nur Munawaroh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut program satu rumah satu jumantik kepada anak-anak PMR. Tujuannya mengajak sekolah ikut terlibat dalam mencegah wabah DBD dengan pemberantasan sarang nyamuk .

Menurutnya, anak-anak ini nantinya yang akan menjadi kader jumantik di sekolah dan rumah masing-masing, sekaligus menjadi penyebar informasi mengenai bagaimana mencegah DBD melalui kesehatan lingkungan terutama pemberantasan sarang DBD yakni container wadah-wadah genangan air .

psn 3

Selain itu para siswa juga diajak ikut memeriksa rumah dengan radius 200 meter dari sekolah. Gunanya untuk sosialisasi pada masyarakat agar di setiap rumah mempunyai 1 kader jumantik. (Kominfo/yda,fz,tj,wk)

banner