Thursday, 23 January 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk

Demam berdarah masih menjadi penyakit yang meresahkan masyarakat. Sebagai upaya memerangi nyamuk aedes aegypti, Pemerintah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan PMI menggelar Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk di sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Kediri.

wates 1

Salah satu sekolah yang menjadi sasaran penyelenggaraan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk adalah SMP Negeri 1 Wates, (20/9). Tim pelaksana PSN DBD adalah gabungan dari PMI, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Bagian Kesramas Kabupaten Kediri. Kegiatan ini juga melibatkan para anggota PMR sekolah .

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan lingkungan sekolah bebas demam berdarah dengue. Selain di sekolah, pemberantasan sarang nyamuk dengan pemeriksaan bak mandi dan penampungan air juga dilakukan di lingkungan sekolah, termasuk rumah di sekitar sekolah dengan radius 20 meter.

wates 2

Pukul 8 pagi seluruh petugas berkumpul di lapangan basket sekolah. Para siswa diberi bekal dan instruksi khusus sebelum pelaksanaan PSN. Setelah itu mereka dibagi dalam beberapa kelompok untuk membersihkan sekolah dengan lokasi yang berbeda-beda. Para siswa terlihat antusias, mereka pun telah mempersiapkan peralatan untuk pelaksanaan PSN DBD.

Triatmono dari PMI Kabupaten Kediri mengatakan, melalui kegiatan PSN DBD ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kasus demam berdarah di Kabupaten Kediri. Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan bersih sebagai upaya pencegahan demam berdarah.

wates 3

Pihak sekolah sendiri sangat mendukung gerakan PSN ini. Tidak hanya siswa saja yang berpartisipasi, para guru juga nampak ikut membersihkan sudut sekolah. Perlu diketahui, SMP Negeri 1 Wates juga rutin melaksanakan kegiatan bersih sekolah yang diikuti seluruh siswa mulai dari kelas 7 hingga kelas 9, setiap hari Jumat secara bergantian. (Kominfo/fz,rx,tee,wk)

banner