Sunday, 23 February 2020
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Optimalkan KIA Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Upaya Pemerintah Kabupaten Kediri untuk menurunkan angka stunting gencar dilakukan. Kali ini Tim Percepatan Penurunan Stunting Kab. Kediri menggelar orientasi pemanfaatan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) pada TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) kecamatan dan desa se-Kabupaten Kediri.

KIA 1

Kegiatan ini digelar untuk mengoptimalkan penurunan angka stunting khususnya di desa lokasi khusus (lokus) stunting di wilayah kab. Kediri. Acara berlangsung di Ruang Kilisuci, Pemkab Kediri, Senin (29/7).

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Kediri, Hj. Rosyidah Masykuri, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab. Kediri, dr. Eka Candra, serta narasumber dari Akademisi Gizi Karya Husada Kediri, Mirthasari Palupi, S.S.T., M.Kes.

Dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kediri, Hj. Rosyidah Masykuri, beliau menyampaikan Buku KIA mempunyai banyak manfaat untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. KIA memegang peranan penting sebagai alat untuk memantau perkembangan kesehatan ibu dan anak.

KIA 2

“KIA bisa memuat keseluruhan kondisi dan status kesehatan pada kehamilan hingga anak berusia 5 tahun. Selain itu juga untuk informasi dan pedoman penting bagi keluarga dan petugas kesehatan sehingga balita bisa berkembang optimal,” ujar Ketua TP PKK Kab. Kediri.

Pengoptimalan pemanfaatan Buku KIA bisa mendukung upaya peningkatan kesehatan anak dan bisa menekan angka stunting khususnya lokus stunting di wilayah Kab. Kediri. “Dengan dukungan dari berbagai lintas sektor intansi, OPD, organisasi masyarakat dan swasta, pemanfaatan KIA dapat berkesinambungan dan terintegrasi untuk upaya menurunkan stunting,” tambahnya.

“Kami mengucapkan terima kasih karena seluruh tim dari lintas sektor di wilayah Kabupaten Kediri sudah berupaya bersama turunkan angka stunting. Kedepan kami akan mengevaluasi seluruh upaya yang sudah dilakukan,” katanya.

KIA 3

Ditemui di akhir acara, salah satu peserta dari Mojo mengatakan pemanfaatan buku KIA untuk mengatasi stunting sangat penting. “Ini berkaitan langsung dengan masalah stunting sehingga nantinya ilmu yang kami dapat akan kami implementasikan langsung ke anggota PKK Desa Mojo,” ucap Sukamti, anggota TP PKK Desa Mojo. (Kominfo/dn,evi,tee,tj,wk)

banner