Thursday, 12 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Musyawarah Warga Wujudkan Desa Tiron Jadi Desa Wisata

tiron 1

Bupati Kediri terus berupaya memberikan kesempatan kepada desa untuk menggali segenap potensinya agar menjadi desa wisata yang mandiri. Hal ini juga menjadi perhatian pemerintah Desa Tiron untuk dapat memunculkan inovasi dan potensi desa, menjadikan Desa Tiron sebagai desa wisata dan berdampak pada masyarakat. Sebagai langkah awal, digelar musyawarah bersama yang dihadiri langsung oleh Pj. Kepala Desa Tiron Putut, perangkat Desa Tiron, Babinsa Babinkamtibmas, toga tomas, para kader Jumantik serta perwakilan warga.

Musyawarah ini membahas potensi yang dikembangkan di Desa Tiron yaitu situs Mbah Blorong dan Situs Selogajah dimana setiap tahun diadakan berdoa bersama di kawasan itu. Musyawarah dilaksanakan di salah satu rumah warga terletak di Dusun Babatan Desa Tiron (23/1).

tiron 2

Sebelumnya diawali dengan sosialisasi oleh Kader Jumantik Desa Tiron sebagai wujud kepedulian terhadap meningkatnya kasus DBD. Setelah itu berlanjut dengan diskusi dan merumuskan kesepakatan bersama. Musyawarah yang dikemas dengan bincang santai ini banyak mendapat masukan mengenai potensi Desa Tiron dari beberapa warga yang hadir.

Lokasi potensi desa ini masuk kawasan Perhutani dan untuk memasukinya melewati beberapa jalur desa. Tidak hanya ada situs saja, ternyata juga ditemukan sumber yang bernama Sumber Bandeng dengan view yang sangat istimewa yang mungkin membuat para pengunjung terkagum-kagum.

tiron 3

Ditemani suguhan makanan khas pedesaan, semakin malam diskusi semakin larut dengan keseriusan serta canda tawa warga. "Musyawarah ini sebagai wujud keseriusan kita terhadap masyarakat untuk mewujudkan rencana Desa Tiron sebagai desa wisata. Sebenarnya yang menjadi kendalan adalah akses jalan masuk. Oleh sebab itu musyawarah ini untuk menemukan titik temu jalur jalan menuju situs tersebut,” terang Putut kepada tim Kominfo. (Kominfo/fz,rx,tj,wk)

banner