Thursday, 12 December 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

30 Hari Mendapat Keterampilan Membuat Mebel

Dalam kunjungan Wasev TMMD ke-103 beberapa waktu lalu, Aspers Kasad Mayjen TNI Heri Wiranto berkesempatan melihat para personil TNI bersama warga mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi. Meninjau lokasi bersama Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, beliau sangat kagum dengan ketekunan, keterampilan dan kemauan warga yang dapat menghasilkan sebuah karya.

Pelatihan ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka TMMD ke-103 di Desa Blimbing dan Desa Jugo Kec. Mojo. Kegiatan tersebut berlangsung selama 30 hari diikuti sebanyak 16 orang yang keseluruhannya adalah warga Desa Blimbing.

Pada pelatihan ini peserta diperkenalkan dengan dunia usaha berbahan dasar kayu yang diolah menjadi karya bernilai ekonomi tinggi. Disini seluruh peserta diajarkan bagaimana membuat meja belajar, almari, kursi, rak sepatu, dan lain-lain.

Ditemui Kominfo, Ambar Prambudy Laksono selaku instruktur pelatihan mengatakan peserta yang dilatih ini semuanya mulai dari nol dan belum pernah berkecimpung di dunia mebel.Melihat kemauan dan antusias warga tersebut dalam waktu yang sangat singkat yaitu hanya 30 hari mampu membuat hasil kerajinan yang cukup bagus,” kata Ambar (10/11).

mebel 2

“Hasil pelatihan berupa meja belajar, almari dan kursi ini selanjutnya akan kami berikan kepada sekolah terdekat dan balai Desa Blimbing Mojo. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan inilah hasil kerajinan warga Blimbing sendiri,” tambahnya.

Ilmu yang telah diajarkan selama ini bisa menjadi bekal para peserta untuk membuka lapangan kerja sendiri. “Selama 30 hari kami telah memberikan pelatihan mulai dari teori dan praktek dasar seperti memotong, menyambung, mencari bahan yang bagus, kemudian model serta alat-alat yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat bagi para peserta,” pungkasnya. (Kominfo/lks,all team,tj,wk)

banner