Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bacalah! Dengan Membaca Dunia Ada di Genggamanmu

Buku adalah jendala dunia. Kunci untuk membukanya adalah dengan membaca. Ungkapan seperti ini sudah sering kita dengar, bahwa membaca memiliki segudang manfaat yang tak ternilai harganya.

baca 1

Pentingnya membaca ini pula yang menjadi salah satu perhatian Bupati Kediri dr. Hj Haryanti Sutrisno. Di sela kegiatan memonitor pelaksanaan Ujian Sekolah tingkat SD/MI, Ibu Bupati berkesempatan mengunjungi perpustakaan yang ada di sekolah. Seperti terlihat pada Rabu (17/5), setiba di SDN Sukorejo I beliau langsung menuju perpustakaan yang merupakan pusat membaca untuk para siswa. Begitu juga saat berada di SDN Sukorejo II, setelah melihat ke ruang ujian beliau langsung menuju ke perpustakaan di sudut sekolah tersebut.

Bupati Kediri melalui Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Subur Widono, S.STP mengatakan Pemerintah Kabupaten Kediri mempunyai misi dan keinginan bahwa anak-anak harus gemar membaca, karena dari membaca mereka akan tahu segalanya. Artinya buku itu kan jendela dunia, harapan kami sekolah harus mendukung apa yang menjadi kegemaran anak seperti membaca buku,” kata Subur Widono.

baca 3

Selain itu, lanjut Subur, sekolah harus memberikan perhatian khusus terhadap perpustakaan agar dapat menarik minat baca anak-anak. Memikirkan bagaimana anak-anak bisa betah membaca di perpustakaan, misalnya dengan menambahkan fasilitas seperti buku-buku yang menarik dari segi tampilan serta isinya dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Cara lainnya bisa dengan membuat lingkungan perpustakaan sebersih mungkin, sehingga anak menjadi nyaman berlama-lama di perpustakaan.

“Harapan saya pada anak-anak yang telah lulus ke jenjang selanjutnya, untuk memberikan semacam kenang-kenangan berupa buku yang nantinya dapat digunakan kembali oleh adik kelasnya. Tidak perlu buku baru, buku bacaan yang lama pun selagi masih bisa digunakan ditinggalkan untuk adik kelas,” tambahnya.

baca 2

Terkait ujian sekolah tahun 2017, Subur menjelaskan bahwa jika ada murid yang tidak bisa mengikuti ujian sesuai jadwal dengan alasan yang bisa dimaklumi, mereka dapat mengikuti ujian susulan satu minggu setelah ujian selesai. Ia pun menegaskan bahwa anak-anak harus tetap semangat belajar untuk meraih cita-cita demi masa depan yang cerah.

Kepala Sekolah SDN Sukorejo II Susilowati, S.Pd berharap pada ujian ini nilai anak didiknya memuaskan dan bisa melanjutkan ke sekolah yang mereka inginkan. Mengenai perpustakaan, pihaknya akan segera melengkapi buku-buku yang ada dan menata rapi sesuai usia dan tingkatan kelasnya.

“Selanjutnya kami akan mensosialisasikan kepada anak-anak tentang pentingnya membaca buku. Kami juga telah menyiapkan program literasi sekolah, yakni 15 menit sebelum pelajaran dimulai anak-anak dilatih dan dibiasakan untuk membaca terlebih dahulu. Begitu masuk kelas anak harus menyiapkan satu buku untuk dibaca dan harus memahami isi buku tersebut,” terang Susilowati. (Kominfo/lks,wk)

Add comment


Security code
Refresh