Rabu, 29 Maret 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Menggigit Nikmatnya Sale Pisang ‘Estu Ecco’ Bu Chusnul Latifah

Pisang menjadi salah satu buah favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Selain karena tekstur buahnya yang lembut, rasa dari buah pisang ini sangatlah khas. Terdapat beberapa jenis buah pisang yang kita ketahui, yakni Pisang Ambon, Susu, Cavendish, Mas, Raja, Kepok, Nangka dan lainnya.

Ditangan Chusnul Latifah, buah pisang disulap menjadi jajanan (makanan ringan) enak dan nikmat yakni sale pisang. Usaha sale pisang milik Chusnul Latifah ini diberi nama “Estu Ecco” yang berada di Desa Mangunrejo, Kecamatan Ngadiluwih. Chusnul Latifah mulai mengolah pisang menjadi sale pisang sejak tahun 2013 silam.

sale pisang

“Awalnya saya baca resep makanan ringan di sebuah majalah. Kemudian saya mencoba untuk membuatnya, dan saya tawarkan ke teman saya untuk mencoba rasanya. Ternyata tanggapannya positif, mulai dari situ saya memberanikan diri mulai menerima pesanan sale pisang.” Ujar Chusnul Latifah kepada tim Kominfo, Rabu (30/12).

Dalam satu harinya usaha Chusnul Latifah ini minimal mampu memproduksi 2 kilogram sale pisang. Dalam sekali memproduksi sale pisang, memerlukan waktu sekitar 2 jam hingga matang sempurna.

“Pemilihan pisangnya harus sangat selektif. Jenis pisang yang saya gunakan adalah Pisang Raja Bentel atau yang sering disebut dengkel. Pisang yang dipilih adalah pisang yang hampir matang kemudian di imbu hingga matang.” Terangnya memberikan sedikit kiat sukses usaha ini.

Di Desa Mangunrejo terdapat hasil pertanian yang melimpah, khususnya buah pisang jenis Raja Bentel. Hal tersebut diakui Chusnul Latifah mempermudah usahnya, karena bahan baku pembuatan sale pisang dapat diperoleh dengan mudah.

Ketiga anak Chusnul Latifah turut membantu pula dalam proses packing kemasan sale pisang. Untuk proses pengeringan pisang setelah digoreng, Chusnul Latifah sudah memakai spinner. Pada saat bulan Ramadhan lalu, Chusnul Latifah mengaku pesanan sale pisangnya meningkat.

“Ramadhan kemarin dalam sehari saya bisa produksi hingga tujuh kilogram. Sale pisang Estu Ecco ini pernah dipesan oleh orang Solo dan juga Surabaya.” Tambahnya ibu tiga anak ini.

Selain memproduksi sale pisang, Chusnul Latifah juga memproduksi sambel pecel dan juga peyek. Hanya saja keduanya hanya diproduksi jika ada pesanan saja. Utamanya adalah sale pisang Estu Ecco.

Jika anda suka sale pisang, anda wajib coba sale pisang “Estu Ecco”. Anda bisa datang langsung di rumah Bu Chusnul Latifah yang beralamatkan di Desa Mangunrejo Kecamatan Ngadiluwih. Atau anda bisa memesan terlebih dahulu Bu Chusnul Latifah di nomor 081359171858. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM