Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Desa Putih Kembangkan Sistem Mina Sari

Kabupaten Kediri adalah wilayah yang kaya akan potensi. Berbagai program digalakkan untuk memaksimalkan potensi yang ada agar memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Salah satunya dilaksanakan di Desa Putih Kec. Gampengrejo. Desa ini mengembangkan inovasi tumpang sari "Mina Padi”, yaitu sistem budidaya padi dan ikan secara sekaligus dalam satu lahan. Sistem ini menggabungkan teknik budidaya pertanian dan perikanan dengan memanfaatkan air yang menggenangi areal pesawahan.

Selain ada tanaman padi, di dalam areal sawah yang sama, terdapat juga budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan genangan air sebagai kolam budidaya.

Pemerintah Desa Putih mencoba inovasi ini bermula dari melihat lahan bengkok yang terkena banjir. Akhirnya muncullah ide mengembangkan sistem mina padi dengan memberdayakan masyarakat seperti karang taruna, tokoh masyarakat dan kelompok tani.

Kepala Dusun Putih Khabib Burhanudin saat ditemui tim Kominfo menjelaskan, mina sari adalah proses tumpang sari antara padi dengan ikan.

"Ide ini berawal saat bengkok Desa Putih sering kebanjiran, akhirnya muncul gagasan untuk membuat mina sari ini. Sekitar satu hektar lahan kami coba dan alhamdulillah berhasil. Jadi area persawahan padi yang di sekitarnya untuk pengairan padi digunakan untuk budidaya ikan jenis air tawar," terangnya, (27/2).

Ditambahkan pula oleh Kepala Desa Putih Muhammad Bashori, ikan yang dikembangkan dalam sistem ini tumbuh lebih cepat. Untuk pakan pun lebih sedikit jika dibandingkan budidaya di kolam.

"Masyarakat disini sangat inovatif dan produktif dalam mengembangkan potensi yang ada. Diterapkannya sistem mina sari ini juga bentuk inovasi, bagaimana memanfaatkan lahan, meski tergenang air namun tetap menghasilkan," katanya.

Muh. Bashori menambahkan, kedepan akan dilakukan pengembangan sistem mina sari, baik penambahan lahan maupun bibit ikan. (Kominfo/vi,team,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner