Friday, 19 April 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

450 Warga Desa Joho Mendapat Bantuan STBM

Desa Joho, Kecamatan Semen mendapatkan dana bantuan sosial Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan penyerahan bansos ini dilaksanakan di balai Desa Puh sarang, Kecamatan Semen, Senin (17/12).

Kepala Desa Joho, Dedi Saputra, menjelaskan bantuan ini telah diwujudkan dalam program pembangunan jamban sehat di Desa Joho. Yakni sebanyak 450 jamban untuk 450 kepala keluarga yang belum memiliki jamban.

joho

“Setelah dibangun jamban, sesuai harapan kita semua sudah tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan,” jelasnya setelah menerima bansos yang diberikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kediri, Widodo Imam Santoso.

Ditambahkan oleh Dedi, semoga dengan adanya jamban ini mendukung desa wisata Joho yang terkenal dengan Sumberpodang menjadi desa wisata yang masyarakatnya sehat dan peduli kepada kesehatan keluarga dan lingkungan sekitar.

“Semakin menegaskan desa wisata Joho menjadi unggulan Kabupaten Kediri yang masyarakatnya peduli pada kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungannya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan suatu progaram intervensi yang menitikberatkan pada pencapaian kondisi sanitasi total di masyarakat melalui perubahan perilaku higienis dengan memberdayakan seluruh komponen masyarakat, sehingga dapat mendorong percepatan pencapaian Suistainable Development Goal's (SDG's).

Tujuan utamanya adalah masyarakat mampu melaksanakan 5 pilar STBM yaitu tidak buang air besar sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah rumah tangga dengan aman, mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman. (Kominfo/yda,lks,tj,wk)

banner