Monday, 19 August 2019
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Usaha Penyulingan Minyak Cengkeh di Sepawon

cengkeh 2

Minyak cengkeh dikenal memiliki berbagai khasiat, seperti mengobati sakit gigi, mengurangi nyeri otot sendi dan mengobati bekas gigitan serangga. Karenanya, minyak cengkeh menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan.

Di Kabupaten Kediri ada sebuah tempat penyulingan minyak cengkeh, tepatnya di Dusun Petungombo Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten. Sang pemilik, Mujiono menceritakan memulai usaha penyulingan ini 1,5 tahun yang lalu. Bahan baku berupa daun cengkeh ia peroleh di wilayah Sepawon yang memang banyak dijumpai pohon cengkeh.

cengkeh 1

“Saya beli daun dari pengepul mbak, harganya Rp. 3500/kg. Sekali proses masak butuh 6-7 kwintal daun cengkeh,” kata Mujiono. Ditemui di tempat usahanya, ia pun menjelaskan proses penyulingan minyak.

Pertama, daun dimasukkan dalam sebuah ketel besar. Salah satu pegawai masuk ke dalam ketel untuk menginjak daun agar bisa muat banyak. Bagian bawah ketel adalah tempat menaruh air dan dibatasi dengan plat berlubang, jadi ketel ini seperti dandang raksasa. Kemudian ketel ditutup rapat.

cengkeh 3

Di bagian atas ketel ada lubang yang menyalurkan uap cengkeh ke pipa-pipa, dimana pipa tersebut masuk ke dalam kondensor. Kondensor ini bisa berupa kolam yang berfungsi sebagai pendingin. Terakhir, hasil sulingan dialirkan ke drum atau bak penampung, dimana minyak masih bercampur dengan air. Disini minyak berada di bawah air karena berat jenisnya lebih besar. Kemudian air dan minyak dapat dipisahkan secara manual.

“Penyulingan kita lakukan tiap hari, sekali masak butuh waktu 6 jam. Dari 6-7 kwintal daun biasanya diperoleh 18 kg minyak. Limbah daun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk proses penyulingan lagi,” terangnya pada Kominfo, (24/11).

cengkeh 4

Disinggung kendala yang dihadapi, Mujiono mengatakan masih membutuhkan tenaga kerja. Kemudian musim hujan juga berpengaruh ke produksi karena daun cengkeh tidak sebanyak pada waktu kemarau. “Kalau musim hujan karena daunnya basah, kita butuh lebih banyak, bisa sampai 1 ton,” katanya.

Dalam menjalankan usahanya Mujiono dibantu 5 orang karyawan, 2 orang di bagian masak dan 3 lainnya di bagian bongkar muat. Dalam waktu 6 hari rata-rata ia memproduksi 3 kwintal minyak. “Selama ini kita jual ke Tulungagung dan Nganjuk dengan harga Rp. 225 ribu per kg minyak. Minyak ini untuk bahan industri dan masih bisa diolah lagi,” pungkasnya. (Kominfo/tee,tj,wk)

Comments   

 
#2 aniquvqirok 2019-05-06 14:05
Amoxil Side Affects: http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ Buy Amoxicillin bmu.vqjx.kediri kab.go.id.fhw.p u http://mewkid.net/buy-amoxicillin/
Quote
 
 
#1 axiluna 2019-05-06 13:33
Amoxicillin 500mg Capsules: http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ Amoxicillin drx.mzvk.kediri kab.go.id.svf.b i http://mewkid.net/buy-amoxicillin/
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner