Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Hujan Dawet, Harapkan Turun Hujan

Puluhan petani Desa Paron Kec. Ngasem menggelar doa bersama di sekitar Sumber Paron, (6/11). Kegiatan ini dilaksanakan agar musim kemarau panjang ini segera berakhir dan datanglah musim penghujan.

dawet 1

Dipimpin langsung oleh Ahmad Toyib ketua Hippa ( Himpunan Petani Pengguna Air) Desa Paron, doa bersama tersebut berlangsung khidmad. Hadir pula Koordinator PPL Kec. Ngasem Agus Hadi dan PPL Kec. Ngasem Yayuk Anisa ikut bersama petani memanjatkan doa memohon kepada Allah SWT agar segera turun hujan dan sumber-sumber mata air debitnya kembali normal.

Acara ini sekaligus rapat gilir air Gapoktan Tani Makmur. Setelah doa bersama usai, petani saling melempar dawet yang merupakan salah satu tradisi di desa ini jika terjadi kemarau panjang. Semuanya basah kuyup terkena dawet ayu yang dilemparkan.

dawet 2

Selesai acara Ahmad Toyib menjelaskan doa bersama bersama seperti ini merupakan tradisi para petani di Desa Paron untuk memohon hujan. Jika kemarau panjang seperti ini petani kita mulai resah, karena air merupakan kebutuhan pokok untuk mengairi sawah,” katanya.

"Di musim kemarau tanah persawahan mulai mengering dan debit air untuk irigasi sudah mulai berkurang. Agar sawah tetap tercukupi kebutuhan airnya kami tambah menggunakan diesel, itupun harus gantian,” jelas Ahmad.

dawet 3

"Saat ini para petani menanam lombok dan jagung. Walaupun tanaman ini tahan terhadap musim kemarau, namun tetap membutuhkan air agar buahnya tidak rontok. Insya Allah kedepannya akan kami kemas lebih bagus dan meriah lagi agar masyarakat Desa Paron antusias dan ikut berdoa atas rahmat yang dilimpahkan kepada kita semua,” terangnya. (Kominfo/lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner