Monday, 19 November 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Upacara HUT PMI ke-73 dan Pembukaan Jumbara PMR Madya dan Wira

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Pemerintah Kab. Kediri menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun PMI ke-73, sekaligus acara pembukaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) PMI Kab. Kediri.

jumbara 1

Jumbara merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan dan peran serta anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR, utamanya dalam hal pelatihan Tri Bakti pengembangan kapasitas, pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diterapkan sehari-hari. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Lapangan Desa Badas, Selasa (6/11).

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Bupati Kediri Drs. Masykuri, MM, Ketua PMI Kab. Kediri H. Supoyo, SH, M.Si beserta jajaran, Kepala SKPD, jajaran Muspika, Camat se-Kabupaten Kediri, Ketua PMI Kecamatan se-Kabupaten Kediri, Kepala Sekolah peserta Jumbara, serta peserta Jumbara dari PMR Madya tingkat SMP/MTs dan PMR Wira SMA/ SMK/ MA se-Kabupaten Kediri.

Tepat pukul 08.00 WIB upacara mulai dilaksanakan, walaupun hujan rintik namun tak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti upacara tersebut. Dalam kesempatan ini Wakil Bupati bertindak sebagai inspektur Upacara. Dalam amanatnya beliau menyampaikan sambutan dari Plh. Ketua Umum Pengurus Pusat PMI.

jumbara 2

Totalitas dalam Membantu Sesama merupakan kalimat yang singkat akan tetapi mempunyai makna yang mendalam. Kalimat itulah yang menggambarkan jiwa dan raga para relawan PMI yang tak kenal lelah membantu sesama. Semangat para relawan dalam menghadapi tantangan dan hambatan untuk membantu sesama saat terjadi musibah maupun bencana di seluruh pelosok Nusantara,” kata Wabup.

Bencana gempa bumi yang mengguncang Lombok baru-baru ini mengakibatkan korban meninggal hingga 560 orang, 7 ribu lebih orang terluka, serta 390 ribu lebih orang mengungsi. Dalam bencana ini PMI telah kehilangan dua relawan yaitu Zulhadi dan Afni Fastabiq Strata Utama yang gugur dalam melaksanakan tugas. Relawan yang gugur sudah tentu dianggap sebagai pahlawan kemanusiaan juga menjadi kebanggaan bagi seluruh relawan PMI di tanah air, jelasnya.

“Mari kita jadikan peringatan HUT PMI kali ini sebagai momentum untuk menjunjung tinggi solidaritas dan semangat kepahlawanan para relawan. Semoga semangat para relawan ini dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi masyarakat, terutama generasi muda dan khususnya warga PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan dengan tulus dan ikhlas,lanjut Wakil Bupati Kediri.

jumbara 3

“Saya ucapkan terima kasih kepada adik-adik anggota PMR tingkat Madya maupun Wira yang ikut serta dalam Kegiatan Jumbara ini yang dilaksanakan hari ini, 6 hingga 8 November 2018. Saya harap acara ini bisa menjadi ajang dan wadah remaja untuk mengasah jiwa kemanusiaan atau peduli sesama dan mengasah ilmu tentang berperilaku hidup sehat dan bersih serta berbakti kepada masyarakat,harap Wabup.

Selanjutnya dengan didampingi Ketua PMI Kab. Kediri, Wakil Bupati menyematkan kartu peserta secara simbolis kepada peserta Jumbara dan pemukulan gong sebagai tanda dibukanya kegiatan Jumbara PMR Madya dan Wira. Dilanjutkan dengan pemberian penghargaan oleh Wakil Bupati Kediri kepada masyarakat yang rutin mendonorkan darahnya. (Kominfo/dn,fz,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner