Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Setiap Kesempitan Pasti Ada Kesempatan

Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Berawal dari keprihatinan akan jatuhnya harga buah nanas karena panen melimpah, ternyata membawa berkah bagi mereka yang kreatif melihat celah peluang. Salah satu warga Desa Babadan Kecamatan Ngancar berinisiatif membuat minuman dari sari buah nanas.

Adalah Koleksi Pria Utama, pria yang berprofesi sebagai petani nanas ini tidak mau jerih payahnya selama satu tahun harus terbuang percuma saat harga nanas jatuh karena panen raya. Berbekal pelatihan olahan nanas dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kediri, dirinya nekat membuat produk yang ternyata merubah nasibnya sekarang.

“Waktu itu tahun 2015, harga nanas hancur. Beberapa petani mengalami kerugian karena banyaknya panen di saat bersamaan. Bahkan hasil panen nanas yang berukuran kecil akhirnya harus dibuang karena tidak laku,” kenang Koleksi (5/10).

“Lalu saya buat olahan sari nanas karena sebelumnya pernah mendapat pelatihan dari Dinas Kopusmik. Pertama membuat 7 kg nanas yang kecil-kecil yang gak laku dijual pasar. Tapi kadang ndak berhasil, kurang pas rasanya. Dicoba terus hingga akhirnya ketemu resep yang kami pakai sampai sekarang,” tuturnya.

namako 2

Koleksi bercerita setelah menemukan resep andalan, sari buah nanas buatannya diberi merk Namako dan dititipkan di toko oleh-oleh sekitaran wisata Gunung Kelud. Ternyata antusiasnya luar biasa dan permintaan dari hari ke hari terus bertambah.

“Kini dibantu empat karyawan untuk proses produksi. Bahkan kalau tiga bulan menjelang lebaran pegawai ditambah karena permintaan begitu tinggi. Tidak pernah retur, alhamdulillah dibalik kesempitan pasti ada kesempatan,” ujarnya.

“Bertani nanas tetap menjadi mata pencaharian utama saya. Namun kini positifnya kami mempunyai nilai tambah karena tidak ada nanas yang terbuang sia-sia dengan dibuat produk UMKM. Selain nilai ekonomi tinggi kami juga senang karena bisa membuat lapangan kerja bagi waga sekitar,” ucapnya.

namako 3

Sekali produksi sari buah nanas Namako, Koleksi kini menghabiskan 35 kg buah nanas. Dari jumlah tersebut dapat dihasilkan 75 liter yang dikemas dalam ukuran gelas kecil 120 ml dan botol kemasan 330 ml. Harga yang dipatok adalah Rp.24.000,- per kardus isi 32 gelas cup ukuran 120 ml. Sementara untuk kemasan botol adalah Rp. 5.000,- per botol. Anda bisa memesan sari buah Namako dengan menghubungi nomor 081556487676 atau datang ke alamat Dsn. Judeg RT 06/01 Desa Babadan Kec. Ngancar Kabupaten Kediri. (Kominfo/yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner