Wednesday, 12 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

4 Kunci Membangun Potensi Lokal

Desa Medowo Kecamatan Kandangan memiliki banyak potensi alam mulai dari buah durian, manggis, kopi, dan wisata alamnya. Banyaknya potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta memperkenalkan potensi kepada khalayak umum.

Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri melaksaknakan pembinaan dan pengembangan kelompok jaringan komunikasi dan informasi bersama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Balai Desa Medowo, (27/9). Kegiatan tersebut dihadiri Camat Kandangan, Kepala Desa Medowo, perangkat desa, pemateri yaitu Endro Pujiastoko, SP, MMA serta para pemuda-pemudi Desa Medowo.

Adanya kegiatan ini bertujuan membentuk serta mengajak anggota KIM untuk menyebarluaskan informasi potensi yang ada di Desa Medowo. “Sesuai dengan tujuan kegiatan ini, maka saya mengundang pemuda-pemudi Desa Medowo yang saya nilai sudah fasih soal teknologi saat ini dan agar mampu mempromosikan desa ini,” ujar Kepala Desa.

medowo 2

Tema utama yang diusung dalam kegiatan tersebut yaitu “Membangun Ekonomi Pedesaan Berbasis Kekuatan Potensi Lokal Dengan Jaringan IT”. Membangun ekonomi melalui potensi desa harus dilandaskan dengan 4 kunci yaitu niat, kemauan, ulet, dan kreativitas. Menurut Endro Pujiastoko, selain empat kunci tersebut juga terdapat langkah-langkah awal hingga akhir untuk proses membangun ekonomi melalui potensi desa.

“Langkah awal yang dilakukan adalah mencari potensi atau SDA, mencari keunggulan potensi, dan memproses penyajian serta pemasaran produk hingga laku besar di pasaran,” ujar dosen Fakultas Pertanian Universitas Islam Kadiri ini.

Langkah mencari potensi ini berkaitan dengan potensi melimpah dan unggul yang ada di suatu daerah. Setelah menemukan potensi yang tepat, dilanjutkan dengan langkah bagaimana mengolah variasi-variasi potensi tersebut menjadi sebuah produk layak jual.

medowo 3

Materi yang disampaikan membuat peserta sangat antusias. Beberapa peserta mulai dari pemuda yang mulai menapaki dunia usaha hingga peserta yang akan mengembangkan usaha melalui potensi desa bersemangat mengajukan pertanyaan.

Setelah kegiatan ini diharapkan akan ada pelatihan-pelatihan tentang pengolahan potensi, serta menjadikan Desa Medowo lebih maju, sejahtera dan dikenal oleh khalayak umum. (Kominfo/daw,all team,tj,wk)

banner