Monday, 10 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Nikmatnya Kopi Murni 'Ayu Putri Wilis' Asal Besuki Kediri

Kopi adalah minuman yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Jenis minuman yang paling diminati kaum adam ini, mudah sekali ditemui dimana-mana. Salah satu daerah penghasil kopi adalah Dusun Besuki Desa Jugo Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Hal tersebut didukung dengan banyaknya kebun kopi milik masyarakat di bawah lereng Gunung Wilis.

Meskipun banyak kebun kopi, namun harga jual kopi dari petani masih rendah. Hal ini yang menjadi alasan Proboningrum untuk memulai usaha olahan kopi. Wanita asal Desa Jugo ini memberi merk produknya “Ayu Putri Wilis”, sebagai identitas asal produk ini dari Lereng Gunung Wilis. Sedangkan “putri ayu” sebagai identitas Kediri yang terkenal dengan kecantikan putrinya.

Usaha tersebut dimulai tahun 2009. “Saya merupakan generasi kedua, sebelumnya usaha ini sudah dijalankan oleh keluarga saya” ujar wanita berusia 23 tahun ini.

Dalam menjalankan usahanya Proboningrum dibantu oleh keluarga, mulai dari mengumpulkan stok kopi dari petani hingga proses pengemasan. Setelah stok terkumpul, kopi diproses dengan dua cara yaitu secara natural dan fullwash. Proses natural dilakukan dengan cara stok kopi dikeringkan sampai titik kadar air tertentu dan langsung pada proses penyimpanan. Sedangkan proses fullwash, dilakukan dengan cara stok kopi direndam. Kopi yang mengapung disisihkan, sementara yang tenggelam tetap dibiarkan untuk proses selanjutnya, karena kopi ini memiliki tingkat kematangan sempurna. Terakhir dilakukan proses pelepasan kulit, pengeringan, serta penyimpanan.

kopi 2

“Kedua proses pengolahan kopi tersebut berlangsung selama tiga hari dan berpengaruh pada cita rasa kopi yang dihasilkan,” tambahnya (20/9).

Tidak hanya beda proses pengolahan, hasil olahan kopi pun juga ditawarkan dalam dua varian yaitu instan berbentuk bubuk dan rosbrin untuk para penikmat kopi dengan cita rasa fresh. Kopi ini tersedia dalam berbagai kemasan, mulai 100 gram hingga 1 kg dengan harga mulai Rp. 15.000. Selain masyarakat Kabupaten Kediri, penikmat kopi “Ayu Putri Wilis” juga berasal dari berbagai daerah seperti Tulungagung, Ponorogo, Gresik, Surabaya, bahkan luar negeri seperti Hongkong.

Bagi Anda yang penasaran dengan kenikmatan rasa kopi ini, bisa langsung order melalui akun Instagram: ayu.putriwilis atau nomor telfon: 089 539 573 2629. (Kominfo/daw,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner