Tuesday, 23 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Cita Rasa Eksotis Gethuk Pisang Baariklana

Bagi Anda yang sedang ataupun ingin berwisata di Kabupaten Kediri, jangan sampai melewatkan yang namanya gethuk pisang. Jenis makanan dari olahan pisang ini sangat identik dan merupakan ciri khas Kabupaten Kediri. Ketika berkunjung di Bumi Panji, sangat dianjurkan membeli gethuk pisang ini sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah maupun orang tercinta.

getuk 1

Gethuk pisang merupakan makanan tradisional yang diyakini sudah ada dari dulu dengan resep warisan turun temurun. Tidak seperti gethuk pada umumnya yang biasa terbuat dari singkong ataupun ubi, dari namanya bisa ditebak kalau makanan yang fantastis rasanya ini terbuat dari pisang. Bahan yang digunakan biasanya pisang raja nangka. Jenis pisang ini dipilih karena memiliki cita rasa manis-asam yang khas, dan memiliki tekstur agak keras yang membuat pisang ini tidak lembek ketika dikukus pada waktu proses pembuatan.

Salah satu sentra pembuatan gethuk pisang adalah ‘Baariklana’ yang beralamat di Jl. Kertoyudo, Desa Jatisari, Kecamatan Kepung. Ditemui di rumahnya, Ayik sang pemilik mengatakan ada yang berbeda dari produknya. “Gethuk pisang disini cukup unik dengan dikemas ukuran mini, dan dibanderol hanya dengan Rp. 800/bungkusnya. Untuk ukuran yang lebih besar juga ada tergantung pesanan pembeli, akan tetapi yang lebih sering dicari pembeli yaitu yang berukuran mini,” ujarnya pada Kominfo (14/9).

getuk 2

Ayik menjelaskan proses pengolahan gethuk pisang ini cukup sederhana. Pertama pisang dikupas dan dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga menjadi seperti adonan. Kemudian ditambahkan gula sebagai pemanis. Sebagai penyedap rasa alami, ditambahkan pula sedikit vanili. Selanjutnya adonan dikukus.

"Setelah itu adonan dipres dulu pakai mesin dan dicetak dengan selongsong pipa supaya menghasilkan ukuran yang sama. Terakhir digulung dan dibungkus daun pisang. Penggunaan daun pisang ini karena dapat menghasilkan aroma yang sangat khas yang tetap terjaga," jelas Ayik.

getuk 3

Dengan proses serta pemilihan bahan yang berkualitas, gethuk pisang Baariklana ini memiliki cita rasa yang sangat khas dan tentunya ngangenin bagi para pecinta kuliner. Perpaduan rasa dan kemasan yang tradisional memberikan sensasi tersendiri ketika merasakan gigitan pertama saat menyantapnya.

Gethuk pisang ini juga sangat sehat untuk dikonsumsi karena bahannya alami dan tanpa bahan pengawet. Dalam kondisi normal gethuk bisa bertahan sampai dua hari, karena tidak menggunakan bahan pengawet. Namun bila Anda menyimpannya di dalam kulkas, maka bisa bertahan sampai lima hari. “Jika ingin pesan ataupun memborong gethuk pisang Baariklana silahkan hubungi di nomor 0857-3622-5753,tambah Ayik. (Kominfo/dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner