Tuesday, 23 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Budidaya Lebah Lanceng Mulai Dilirik

Desa Joho di Kecamatan Semen terkenal punya banyak potensi. Selain destinasi wisatanya yang menarik, desa ini juga menjadi sentra madu. Bahkan tahun kemarin acara ‘Minum 1000 Madu’ sukses digelar, dan makin menegaskan Desa Joho memiliki potensi madu yang sangat unggul.

Selama ini para pembudidaya beternak lebah mellifera dan menghasilkan beragam produk, seperti madu kaliandra, madu randu dan madu rambutan. Namun yang terbaru, mereka mulai beternak lebah lanceng.

Suhadi salah satunya. Tergabung dalam kelompok tani madu Gunung Wilis, pria 40 tahun ini mulai beternak madu tiga bulan yang lalu. “Mulainya bulan puasa kemarin mas, kami dapat lebah dari Boyolali dan 200 kotak untuk sarangnya. Kami coba kembangkan disini,” katanya.

madu 2

Menurut Suhadi, budidaya lebah lanceng tidak terlalu beda dengan lebah madu pada umumnya. Yang pasti butuh banyak bunga untuk ketersediaan makanan lebah. Selain itu angin juga jadi faktor penentu. “Kalau angin lagi kencang bikin lebah gak pulang mas, kena angin soalnya,” jelasnya (26/8).

Waktu panen madu menurutnya juga tidak bisa diprediksi. Ketersediaan bunga dan angin sangat berpengaruh. Namun dalam tiga bulan membudidayakan lanceng, ia sudah panen sekali. “Kemarin dari 150 kotak bisa menghasilkan 5 botol besar madu. Per botol sekitar 500 ml,” terang Suhadi.

madu 3

Dibandingkan madu jenis lain, rasa madu lanceng ini cenderung lebih asam. Produksinya pun lebih sedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Namun banyak yang menganggapnya lebih berkualitas dan berkhasiat. Itu pula yang menyebabkan harga madu lanceng lebih mahal. Suhadi sendiri menjual madunya dengan harga Rp. 275 ribu per botol.

Pria yang berdomisili di Dusun Igir-igir ini mengaku sudah banyak mendapat pesanan. “Belum banyak yang membudidayakan lebah lanceng. Saya berharap dapat terus mengembangkan madu lanceng karena prospeknya yang menjanjikan,” pungkasnya. (Kominfo/tee,lks,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM

banner