Monday, 15 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Manjakan Lidah Anda di Griya Ampok

Griya Ampok. Begitu tulisan yang tertera di depan sebuah stan pada Pekan Budaya dan Pariwisata 2018. Sesuai namanya, stan ini menjual nasi ampok lengkap dengan sayur lodeh, urap-urap, oseng-oseng pepaya dan ikan asin. Disajikan di sepincuk daun pisang, nasi yang terbuat dari jagung ini tampak menggugah selera.

ampok 1

Adalah Sri Mulyanti yang saat itu sibuk melayani para pembeli. Ibu yang kerap dipanggil Yanti ini dengan sigap mengambil nasi ampok berikut pelengkapnya. Tak lupa ia menawarkan minuman rujak serut atau es kopyor. Selain nasi ampok, para pengunjung juga bisa memilih nasi putih dan beragam olahan makanan lain seperti pepes, botok, sambal ijo dan aneka gorengan.

Menurut bu Yanti, dari buka pagi hingga tutup stan pukul 21:00 WIB, stan Griya Ampok tak pernah sepi pengunjung. Omsetnya pun lumayan, sehari bisa mencapai lebih dari Rp. 2 juta. “Alhamdulillah, masakan kami selalu habis. Bahkan waktu pembukaan pameran kemarin kurang. Yang paling laris ya ampok, mungkin karena pembeli jarang mengonsumsi makanan ini,” katanya sambil tersenyum.

ampok 2

Dari pengamatan Kominfo (9/7), stan ini memang jadi jujugan mereka yang ingin bersantap di Zona UMKM. Sebuah rinjing (keranjang bambu) yang penuh dengan pipilan jagung, ditambah tumpukan jagung yang ditata di depan stan, menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga dengan nasi dan lauk pauk yang ditaruh di kendil-kendil, sebuah pemandangan yang tidak biasa kita jumpai sehari-hari.

Stan Griya Ampok mewadahi produk para anggota UMKM Terampil Jaya. Hampir semuanya makanan, mulai masakan, kue kering, kue-kue tradisional, hingga minuman seperti es dan jamu. Ada 65 orang yang tergabung di UMKM yang berada di Kecamatan Kayenkidul tersebut. Untuk mengisi stan, masing-masing anggota membawa produknya.

ampok 3

“Kami juga menerima pesanan. Biasanya kalau ada acara di kantor-kantor atau ada yang punya hajatan, pesan nasi kotak atau snack ke pengurus Terampil Jaya, kemudian diinformasikan ke anggota kelompok,” tambah nenek empat cucu itu.

Bu Yanti berharap UMKM Terampil Jaya dapat terus berpartisipasi di pameran atau event-event Kabupaten Kediri lainnya, agar semakin banyak masyarakat yang mengenal produk mereka. Bagi Anda yang ingin menikmati gurihnya nasi ampok, kunjungi stan Griya Ampok di Zona Usaha Mikro dan Perdagangan Pekan Budaya dan Pariwisata. (Kominfo/tee,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner