Monday, 24 September 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Wanita Hebat Dibalik Penyandang Disabilitas

Diskriminasi atau stigma negatif oleh masyarakat luas terhadap penyandang disabilitas menjadi suatu hal yang menggerakkan hati sosok perempuan bernama Umi Salamah. Ia pun bangkit. Ia berpikir, memberdayakan penyandang disabilitas adalah cara untuk mengubaah mindset masyarakat yang menganggap remeh kaum disabilitas.

umi 1

Di tahun 2016, perempuan 44 tahun ini kemudian mendirikan Perkumpulan Penyandang Disabilitas Kabupaten Kediri (PPDKK), sebuah forum pemberdayaan kaum disabilitas. “Kami membuat naungan untuk kumpul silaturahmi bersama dan menyalurkan seluruh aspirasi,” ujarnya. Awal mula berdirinya PPDKK, hanya berasal dari hasil iuran uang anggota, namun saat ini sudah mendapat apresiasi serta bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kediri.

Walaupun memiliki kekurangan pada fisik, para penyandang disabilitas ini memiliki sejuta keterampilan yang bisa diacungi jempol, mulai dari keterampilan menjahit, mengukir kayu, membuat kerajinan tangan, dan lain-lain. “Kami selalu berbagi ilmu dan melaksanakan pembinaan bersama. Sebenarnya segala sesuatu dapat dilakukan, asal ada motivasi maupun dorongan dari keluarga dan lingkungan sekitar,” tambahnya pada Kominfo (4/6).

umi 2

Salah satu prestasi yang pernah diraih oleh Umi yaitu terpilih sebagai perwakilan dari Kabupaten Kediri untuk pelatihan mengenai penyandang disabilitas di Australia. Meski bangga dengan prestasinya, rasa putus asa pun sempat dirasakan Umi, karena banyak sekali kendala dalam aktivitas maupun proses mengajak rekan-rekan untuk bergabung di PPDKK. Namun, dia tetap bersikeras untuk menyalurkan ilmu kepada rekan-rekan sesama penyandang disabilitas. Alhasil, ilmu tersebut juga sangat bermanfaat bagi rekan-rekannya.

Hilangnya stigma negatif dari masyarakat dan terus berkembangnya kemampuan pada penyandang disabilitas menjadi harapan utama wanita asal Desa Branggahan Kecamatan Ngadiluwih ini. (Kominfo/daw,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner