Saturday, 23 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Dapil dan Alokasi Kursi Kabupaten Kediri Tetap

Tahapan demi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 dilakukan. Setelah melaksanakan sosialisasi dan uji publik terkait pendapilan, Selasa (15/5) KPU Kabupaten Kediri menggelar sosialisasi Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Kediri. Betempat di Bukit Daun Hotel & Resort, hadir pada acara ini Ketua beserta jajaran komisioner KPU, Ketua Panwaslu, perwakilan partai se-Kab. Kediri, jajaran Pemkab serta perwakilan ormas.

dapil 1

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sapta Andaruisworo mengungkapkan penetapan dapil ini telah melalui rangkaian proses panjang. Dari sosialisasi dan uji publik, KPU menampung semua masukan yang kemudian diusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.

“Hasil penetapan KPU RI terkait dapil dan alokasi untuk anggota DPRD Kab. Kediri Tahun 2019 adalah tetap atau sesuai Dapil Pemilu tahun 2014, yaitu 6 dapil dan 50 kursi. Hal ini tertuang dalam Keputusan KPU RI Nomor: 278/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Timur dalam Pemilihan Umum Tahun 2019, tanggal 4 April 2018,” urainya.

dapil 2

Sapta kembali menekankan bahwa dalam penataan dapil dan penghitungan alokasi kursi, ada tujuh prinsip yang menjadi pegangan. Bersifat akumulatif dan tidak bisa terpisahkan satu persatu. Tujuh prinsip tersebut meliputi kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, coterminus, kohesivitas dan kesinambungan. (Kominfo/tee,lks,tj,wk)

dapil 3

Add comment


Security code
Refresh

banner