Tuesday, 11 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Peragaan Busana Peringatan Hari Kartini

Cantik dan anggun. Demikian kesan yang muncul ketika melihat para perempuan berbusana kebaya, pada Kamis (19/4) di Pendopo Kabupaten Kediri. Beberapa diantaranya bahkan mengenakan sanggul tradisional dan selendang. Mereka adalah para pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kediri, yang menggelar rapat pleno sekaligus peringatan Hari Kartini tahun 2018.

dwp 7

Yang menarik pada agenda rutin bulanan ini adalah Peragaan Busana dalam rangka Hari Kartini. Busana yang dikenakan adalah hasil dari pelatihan membatik di Kampung Batik Ibu Anik, Desa Dadapan Kec. Ngasem bulan Maret lalu. Beragam motif batik khas Kabupaten Kediri tergurat, seperti Monumen SLG, mangga podang, jaranan dan kembang kopi.

dwp 1

Sepuluh karya terbaik ditampilkan oleh para anggota DWP Kab. Kediri. Meski bukan model atau peragawati, kesepuluh ibu ini tampil dengan penuh percaya diri. Lenggak-lenggok badan, disertai senyum di wajah berhasil memukau peserta rapat dan para undangan. Tak ayal, jepretan kamera dan tepuk tangan mengiringi langkah mereka.

Ketua Dharma Wanita Kab. Kediri Yuni Supoyo sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Perempuan berbusana kebaya lengkap dengan kain, selendang dan aksesorisnya bukanlah hal yang setiap hari dapat dijumpai.

dwp 2

“Peragaan busana ini adalah untuk memperingati Hari Kartini. Tentu tidak hanya dimaknai dengan sanggul dan kebaya, lebih dari itu, para perempuan masa kini diharapkan dapat meneruskan perjuangan Kartini untuk memajukan dan memaksimal peran wanita Indonesia,” tuturnya.

Yang tidak kalah penting, diperagakannya batik juga menjadi salah satu upaya mengangkat potensi dan produk unggulan daerah. Dari mengenal, mengetahui proses pembuatan, ikut mempromosikan, sekaligus bangga mengenakan batik Kab. Kediri.

dwp 3

“Semoga semangat RA Kartini dapat menjadi inspirasi perempuan Indonesia, khususnya di Kabupaten Kediri, untuk turut serta berkarya dan menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan,” pungkas Yuni Supoyo. Majulah Kartini Kabupaten Kediri! (Kominfo/tee,ans,tj,wk)

banner