Sunday, 27 May 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Grup Ketoprak Suryo Budoyo Siap Tampil di Gelar Seni Budaya

Grup kesenian Ketoprak Suryo Budoyo dari Desa Bendo Kec. Pagu melakukan latihan di gedung serbaguna, Balai Desa Bendo pada Senin (16/4). Latihan tersebut dilaksanakan sebagai persiapan pementasan Gelar Seni Budaya yang akan digelar di Gedung Cak Durasim Surabaya, Jumat 20 April 2018 mendatang.

ketoprak 3

Grup ketoprak Suryo Budoyo adalah grup kesenian yang masih eksis hingga sekarang. Terbentuk sejak tahun 2010, grup yang beranggotakan 40 orang ini dipimpin oleh Tri Wahyuni. Di sela-sela latihan, Tri Wahyuni menjelaskan cerita yang akan dipersiapkan untuk pementasan di Gedung Cak Durasim adalah tentang Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji.

“Dewi Sekartaji yang lebih dikenal dengan sebutan Galuh Candra Kirana adalah istri dari Inu Kertapati atau yang lebih dikenal dengan nama Panji Asmoro Bangun. Kedua nama ini (Panji-Galuh) menjadi ikon di Kediri,“ ucap perempuan 27 tahun tersebut.

ketoprak 2

Tri Wahyuni yang berprofesi sebagai seniman ini berharap latihan bisa dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan maksimal "Dengan latihan bisa menambah kesiapan para anggota, sehingga nantinya juga akan maksimal dan sukses ketika tampil di Surabaya. Tidak hanya membanggakan grup kesenian Suryo Budoyo, tapi juga seluruh warga Kabupaten Kediri," ucapnya.

“Dalam latihan tersebut juga diikutsertakan para pemain yang masih berusia cukup muda, yang diharapkan para generasi muda bisa meneruskan dan melestarikan kesenian ketoprak hingga tetap lestari dan masih bisa dinikmati anak cucu kita nati," tambah Tri Wahyuni. (Kominfo/dn,ans,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner