Monday, 22 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Earth Hour, Wujud Kepedulian Terhadap Lingkungan

Earth Hour kembali digelar. Agenda tahunan yang diselenggarakan pada Sabtu terakhir di bulan Maret ini serentak dilaksanakan di seluruh dunia, tak terkecuali di Kabupaten Kediri. Sama seperti tahun kemarin, pelaksanaan Earth Hour dipusatkan di Monumen Simpang Lima Gumul, Sabtu (24/3).

earth 1

Kearamaian menyambut Earth Hour mulai terlihat pukul 19:00 WIB. Berbagai atraksi dari pelajar SMP dan SMA mampu menyedot animo masyarakat yang mengunjungi monumen SLG. Fashion show, pertunjukan perkusi, karawitan dan tari menjadi daya tarik tersendiri. Yang patut diapresiasi, kostum dan peralatan perkusi adalah dari bahan daur ulang.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mustika Adi Prayitno, S.Sos. MM mengatakan kegiatan ini merupakan aksi kerjasama dari semua pihak yang mempunyai concern yang sama terhadap lingkungan. “Earth Hour betujuan mengkampanyekan kembali tentang penghematan energi demi mengurangi dampak perubahan iklim yang dinilai semakin serius. Melalui kegiatan ini diharapkan akan tumbuh rasa memiliki dan mencintai lingkungan,” terangnya.

Menurutnya, aksi pemadaman lampu selama satu jam pada Erath Hour ini adalah upaya kecil. Namun jika dilakukan serentak, efeknya akan berdampak sangat besar. “Kita ajak masyarakat untuk melakukan aksi ini bersama-sama, himbauan dilakukan meluas, sehingga dampaknya bisa dirasakan bersama,” tambahnya.

earth 3

Tepat pukul 21:30 WIB, lampu di Monumen Simpang Lima Gumul padam, menandakan Earth Hour 2018 Kabupaten Kediri dimulai. Akan tetapi, hal tersebut tak membuat Simpang Lima Gumul gelap gulita. Ratusan lilin yang ditata rapi mulai dinyalakan, membentuk angja 60, melambangkan 60 menit waktu yang digunakan untuk berpartisipasi dalam Erath Hour.

Ditemani cahaya lilin, pengunjung disuguhi pertunjukan tari, perkusi dan pembacaan puisi. Tak hanya itu, pada kesempatan tersebt juga dilakukan penyerahan penghargaan adiwiyata kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa-siswinya menjadi individu yag cinta dan bertanggung jawab pada lingkungan. Sekolah-sekolah tersebut yaitu SMKN 1 Gurah, SMAN 1 Wates, SMPN 1 Kepung dan MTsN 7 Kediri.

earth 2

Earth Hour adalah kegiatan global yang diadakan oleh Wolrd Wide Fund for Nature (WWF). Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Pemadaman dilakukan serentak di seluruh dunia, dimulai pukul 20:30-21:30 waktu setempat. Semoga aksi kecil ini memberi manfaat yang besar bagi bumi dan seluruh isinya. (Kominfo/tee,dn,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner