Thursday, 21 June 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Sarana Air Bersih Untuk Warga Sumber Dandang Mojo

Warga dusun Sumber Dandang desa Keniten kecamatan Mojo bisa tersenyum lebar, karena hari ini telah diresmikan bantuan sumur bor oleh Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno untuk mencukupi kebutuhan air bersih di dusun tersebut. Wilayah dusun Sumber Dandang termasuk daerah dataran tinggi yang setiap musim kemarau tiba selalu membutuhkan bantuan suplai air bersih dari Pemerintah.

Air Bersih 4Hadir dalam acara tersebut Kepala Bagian Perekonomian Kabupaten Kediri Drs. D. Sampurno, MM. Camat Mojo Sukemi, S.Sos dan disaksikan oleh seluruh warga dusun Sumber Dandang (25/1)

Bupati Kediri dr.Hj Haryanti Sutrisno dalam sambutannya mengatakan kami akan terus berupaya bagaimana kebutuhan masyarakat akan air bersih bisa tercukupi. Salah satunya dengan pemberian bantuan sumur bor ini sebagai sarana penyuplai air bersih bagi warga.

Air Bersih 1Dulunya dusun ini memang setiap hari dimusim kemarau selalu mendapat kiriman tangki air bersih kurang lebih selama satu bulan. Sekarang warga tidak perlu kawatir lagi, karena sumur ini mampu mencukupi kebutuhin sebanyak 200 kepala keluarga. Agar sumur ini dapat dipergunakan dalam jangka panjang, dibutuhkan kesadaran warga untuk selalu menjaga dan memeliharanya bersama-sama. Terangnya

Untuk menjaga agar debit airnya selalu besar salah satunya penghijauan dengan menanam pohon yang mampu menyimpan cadangan air dan menjaga sumber air. Jangan sampai ada warga yang menebang pohon secara liar karena itu dapat merusak sumber air.

Air Bersih 3Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Drs. D. Sampurno, MM dalam sambutannya menyampaikan kenapa bantuan sarana air bersih ditempatkan di dusun ini, karena untuk mengakomodir keluhan dari warga yang kesulitan air bersih disaat musim kemarau dan dimusim hujan airnya selalu keruh.

Kondisi air didataran tinggi memang seperti itu, air bersih untuk minum sulit. airnya kadang hanya bisa untuk mencuci dan mandi. jelasnya

Sarana air bersih ini memiliki kedalaman mencapai 100 meter dan dapat digunakan oleh 200 kk. Dengan akumulai dana antara suplai tangka air bersih yang membutuhkan dana yang cukup besar mending kita membuat sumur yang dapat digunakan puluhan tahun oleh warga. Untuk perawannya dapat dilakukan dengan dana yang dikumpulkan oleh warga.

Air Bersih 2Kepala desa Keniten M. Udin Harianto mengatakan terimaksih saya ucapkan kepada pemerintah Kabupaten Kediri, bantuan ini sangat dinanti dan sangat bermanfaat bagi warga desa keniten khususnya dusun Sumber dandang ini. Warga sangat senang sekali karena telah mendapatkan bantuan sarana air bersih.

Bagi warga ini merupakan awal yang bagus untuk hidup yang lebih baik. Dengan air bersih ini warga menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Jelasnya (Komindo/lks,yda,tj,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner