Sunday, 09 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Sugihwaras Peraih Awarding Anugerah Desa 2017.

AWARD SUGIHWARAS 1

Satu persatu akan kita kupas Desa-Desa Penerima Awarding Anugerah Desa Tahun 2017, desa ini memang sudah terkenal dengan obyek wisata Gunung Kelud bahkan dengan adanya erupsi tahun 2014 lalu desa ini mendunia dan banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan Nasional sampai ke Manca Negara.

Yaaa Betul sekali Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar juga salah satu yang menerima Awarding Anugerah Desa tahun 2017 diserahkan langsung oleh Bupati Kediri dr.Hj. Haryanti Sutrisno bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri H.Supoyo, SH, M.Si dan Direktur Jawa Pos Radar Kediri Taukit Wijaya di Convention Hall SLG Kabupaten Kediri.

AWARD SUGIHWARAS 2

Tapi uniknya Desa Sugihwaras bukan mendapat Anugerah Desa untuk Pengembangan Pariwisatanya yang terkenal, tetapi mendapat Gelar Inovasi terbaik Bidang Administrasi Keuangan, sungguh prestasi yang sangat luar biasa dan mengejutkan, desa penghasil nanas juga mendukung keberhasilan penerimaan Kabupaten Sehat dengan Tatanan pariwisata Sehat juga meraih penghargaan “Swasti Saba Wiwerda” tahun 2017 yang diterima Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM di Jakarta pada 28 Nopember 2017 yang lalu.

Kepala Desa Sugihwaras Sukemi mengatakan “saya sangat berterimakasih sekali atas terpilihnya Desa kami dan mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kediri utamanya Ibu Bupati Kediri dr,Hj,Haryanti Sutrisno melalui DPMPD Kabupaten Kediri bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Kediri dan juga terimakasih saya sampaikan kepada Perangkat Desa dan masyarakat Desa Sugihwaras yang sudah banyak membantu keberhasilan ini, tanpa adanya dukungan dari semuanya, kita tidak akan bisa berhasil seperti saat ini” katanya saat ditemui Tim peliputan (12/12) di Balai Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar.

AWARD SUGIHWARAS 5

Dengan menenteng piala juga pigura tanda kebanggaan dan kebahagiaan “saya tidak menyangka kalau bisa masuk dan mendapatkan Awarding yang sangat bergengsi yang diadakan setiap tahun ini” katanya dengan bangga.

Ada 10 Kategori Inovasi Anugerah Desa yang dinilai atau dilombakan yaitu, 1. Kategori Inovasi Bidang Administrasi Masyarakat, 2. Kategori Inovasi Bidang Administrasi Keuangan, 3. Kategori Inovasi Bidang Pengelolaan Wisata, 4. Kategori Inovasi Pengelolaan Lingkungan, 5. Kategori Inovasi Bidang Pertanian, 6. Kategori Inovasi Bidang Pengelolaan Bumdes, 7. Kategori Inovasi Bidang Pembinaan Anak Muda, 8. Kategori Inovasi Bidang Layanan Kesehatan, 9. Kategori Inovasi Bidang Pemberdayaan Perempuan dan 10. Kategori Inovasi Bidang Pendidikan.

AWARD SUGIHWARAS 4

Desa Sugihwaras Kecamatan Ngancar mendapat Kategori yang ke 2, Inovasi Bidang Administrasi Keuangan bersaing dengan 343 Desa se Kabupaten Kediri, masuk 3 besar dengan persaingan yang sangat ketat dari Desa Jati Kecamatan Tarokan dan Desa Karangtengah Kecamatan Kandangan.

“Saya di bantu dengan Perangkat Desa membuat suatu proses penyusunan administrasi keuangan sesuai dengan prosedur yang dikehendaki oleh DPMPD Kabupaten Kediri, juga kita lakukan penyusunan dan laporan keuangan dengan menggunakan program system Keuangan Desa atau Siskuedes (Sistem Keuangan Desa)” kata Sukemi.

AWARD SUGIHWARAS 3

“karena itu, Program Pembangunan bisa terlaksana maksimal dengan proses pelaporan yang tertib dan teratur, kemampuan penggunaan Siskuedes juga sudah diakui dengan sering dilibatkannya dalam pemberian pelatihan ke Desa lain, kami juga mengumumkan penggunaan keuangan melalui baliho besar dan kami taruh di halaman Balai Desa supaya dengan mudah semua warga saya melihatnya” jelasnya dengan penuh semangat. (Kominfo, Yrpd, Fz, Tj, Wk). #kedirilagihebat.

banner