Thursday, 19 April 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Batik “Lochatara” Masuk Pasar Internasional.

BATIK LOCHATARA 1

Kunci sukses dalam menjalankan suatu usaha Batik and Art Gallery “Lochatara” milik Hery Setiawan berawal dari suka dan hobby, kenapa bisa dikatakan demikian “saya sangat suka bila melihat beraneka ragam budaya yang ada di Kabupaten Kediri, jadi saya mencoba corat-coret menggabungkan antara destinasi budaya dan hobby saya” terang Hary saat ditemui Tim Peliputan (30/11) dirumahnya Jln Kenanga 02/07 Desa Jajar Kecamatan Wates.

BATIK LOCHATARA 2

“Batik motif andalan kami yaitu “Simbar Gumul”, ini perpaduan dari Situs Adan-Adan berupa daun yang berada di kepala Acra Gajah Mina, memang arca ini bentuknya seperti gajah dan ada belalainya, selain itu juga kami padukan dengan monument SLG, kopi pecah Sepawon dan ikan Koi Pranggang Plosoklaten”. Jelasnya.

Banyak sekali motif buatan Hery diantaranya motif Kelud 140214 yang berarti motif dimana menggambarkan saat Gunung Kelud meletus atau erupsi jadi desain gunung Kelud yang berapi, ketrangan angka 140214 ini saat-saat terjadinya erupsi Gunung Kelud yang maha dasyat. “saya menjalankan usaha ini kiatnya hanya telaten dan sabar, utamanya untuk memberikan pelajaran (ngajari) masyarakat sekitar rumah saya membuat batik tulis, karena disamping SDM juga pengalaman dari pekerja yang minim untuk hal corat-coret”. Katanya.

BATIK LOCHATARA 3

Dengan dibantu sekitar 5 – 10 orang pekerja yang semuanya asli berasal dari Desa Jajar Kecamatan Wates, mulailah usaha ini berkembang, saat baru merintis usaha memang dari nol modalpun tidak terlalu banyak, awal pembuatan hanya 5 – 10 batik saja sebagai contoh, ini disesuaikan dengan peminat, batik yang banyak diminati itulah nantinya yang akan kami produksi.

BATIK LOCHATARA 8

Bisa dibilang batik khas Lochatara semuanya mengangkat situs-situs peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri, seperti batik Relief “Sudamala” ini diambil dari relief Candi Tegowangi, Motif batik “Durga Ruwat” yang mana batik ini diambil dari Candi Surowono, dan masih banyak lagi batik hasil buatan Hary, batik ini khas religie mengangkat peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri.

BATIK LOCHATARA 4

Untuk pemasaran sudah merambah keberbagai daerah di Jawa Timur juga sudah masuk di Mall – Mall yang ada di Kabupaten dan Kota Kediri, bahkan ada juga yang dikirim di Kalimantan dan Papua karena memang Hary mempunyai relasi rekanan bisnis di luar pulau Jawa, “baru-baru ini saya juga mengikuti Fashion di Hongkong, dengan tema batik yang kami ambil “Bumi Kadiri”. Ceritanya dengan bangga.

BATIK LOCHATARA 7

Batik Bumi Kadiri berupa Gunungan didalamnya menggambarkan kekayaan alam yang ada di Kabupaten Kediri seperti nanas, SLG, Kopi Luwak, dan seterusnya, bukan hanya batik tulis saja yang produksi Hary tapi juga batik Cap, disamping pandai dengan desain dan corat-coret yang penuh inspiratif penggambaran suatu peristiwa yang dituangkan di dalam batik juga membuka tangan untuk siapa saja yang ingin berlajar membatik.

BATIK LOCHATARA 6

“kami sudah mengajukan pematenan hak cipta dan juga nama dari batik Lochatara ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro” kebetulan sekali Kepala Diskopusmik Ir.Adi Suwignyo, M.Si juga sangat mensuport dan selalu memberikan motivasi kepada kami untuk selalu tekun dan telaten juga bantuan-bantuan promosi batik kami, diikutkan dalam setiap pameran, inilah yang bisa mengangkat batik kami terkenal seperti saat ini. tambah Hary.

BATIK LOCHATARA 5

Untuk harga tergantung tingkat kesulitan pembuatan motif makn sulit motif batik dibuat maka makin mahal harga batik, dari harga terendah mulai Rp. 150.000,- (ukuran kain 2,25 M) bahkan bisa mencapai jutaan rupiah tapi memang terjamin corak, kualitas dan kuantitasnya, untuk pewarna kami pilih dari bahan pewarna alam juga sintetis.

Bahan dasar batik juga tidak kesulitan karena untuk supley kain sudah bekerjasama dengan pabrik yang dijamin kualitasnya. Apakah anda ingin belajar membatik atau pesan batik siap menerima pesanan batik sesuai dengan keinginan anda, untuk harga bisa nego tergantung kerumitan batik yang anda pesan.

BATIK LOCHATARA

Yuukk kita lestarikan budaya bangsa dan batik khas Kabupaten Kediri juga sebagai salah satu batik yang sudah dipatenkan milik Bangsa Indonesia, silahkan hubungi Hary Setiawan Jl.Kenanga 02/07 Jajar – Wates Kabupaten Kediri HP/WA 081 259 711 117 – 082 244 311 117, atau buka desain batik IG @batik_lochatara_kediri, datang, lihat, pilih, dan beli, dipakai dalam jenis kulit apa saja pantas dan cocok lhooo. (Kominfo, Yrpd, Tj,Wk). #kedirilagihebat.

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM