Friday, 20 July 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Tumpang Sari Hortikultura, Klengkeng, Kacang Tanah dan Cabe, Sangat Menguntungkan

Siapa orangnya yang tidak akan senang, bahagia dan bangga bila melihat usahanya berhasil, walaupun tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata tapi semua itu bisa terlihat dari raut wajah Agus Joko Susilo Kepala Desa Jambu bersama dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Ir. Widodo Imam Santoso MAB didampingi Camat Kayen Kidul Drs. Teguh Kuncahyo, MM melihat juga merasakan buah klengkeng di kebun klengkeng Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul.

TUMPANG SARI 4

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri Ir. Widodo Imam Santoso MAB menyampaikan “bahwa kami menyambut baik, dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh Kepala Desa Jambu dan Masyarakat Desa Jambu, yang ingin mengembangkan komuditas pertanian khususnya di Horti buah klengkeng menjadi produk unggulan Desa Jambu”. (24/10).

“Kamipun sejalan dengan program Kabupaten Kediri, juga arahan dari Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno, yang ingin mengembangkan suatu kawasan komuditas unggulan,” di Kayen Kidul yang memiliki salah satu lahan Klengkeng “kami juga sudah merasakan dan menikmati sendiri buah klengkeng yang manis enak dan tidak gampang bosan, bisa menghilangkan dahaga, juga panorama pemandangan yang cukup indah” Jelas Widodo.

TUMPANG SARI 3

Ada satu keunikan yaitu pemanfaatan lahan klengkeng seefektif mungkin dengan memadu tanaman kacang tanah juga sebagai komuditi hasil kacang tanah yang kualitasnya terjanim, dengan jarak tanam klengkeng 3 m secara zikzak disela-selanya bisa ditanami tanaman semusim yaitu kacang tanah dan cabe rawit.

Sehingga tidak ada lahan yang tidak termanfaatkan, sebelum kita menikmati hasil panen klengkeng yang berbuah 2 tahun masa panen, kita bisa panen hasil kacang tanah dan juga cabe rawit, “ini sangat bagus sekali, pola tumpeng sari, semacam ini, bisa dikembangkan ditempat-tempat lain, sehingga kita tidak ingin lagi ada lahan kosong di Kabupaten Kediri, karena sudah kita manfaatkan”, Katanya.

TUMPANG SARI 6

“Kami juga sudah mengembangkan dan memberi bantuan tanaman klengkeng di berbagai daerah, seperti di Desa Kalipang Kecamatan Grogol, Kecamatan Ngancar, Mojo dengan harapan kedepannya bisa seperti ini, apalagi Pak Agus mengawali secara swadaya, semoga bisa menjadikan contoh didaerah lainnya,”harap Widodo sambil menunjukan buah klengkeng.

Kepala Desa Jambu Agus Joko Susilo sangat berterimakasih dan juga bangga dengan kedatangan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan juga Camat Kayen Kidul, untuk bisa menikmati buah klengkeng hasil kebun sendiri, “ini adalah lahan perkebunan atau lahan untuk wisata petik klengkeng, kita sudah menanam dalam waktu 1 tahun 7 bulan ini” terangnya.

TUMPANG SARI 5

Dengan hasil yang sudah bisa dinikmati, ada beberapa macam jenis klengkeng yaitu jenis “kristalin” merupakan tanaman klengkeng yang mudah berbuah, dengan jangka waktu yang sangat pendek yaitu 1,5 tahun sudah bisa menikmati buahnya, “harapan kami untuk Desa Jambu, bisa menjadi kawasan buah lokal, dan kami terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya Desa Jambu, pentingnya menanam buah lokal untuk konsumsi bagi keluarga kita, harap Agus.

"Dengan luas lahan 1 Ha kami menanam sekitar 700 pohon klengkeng, kalau untuk seluruh Desa Jambu sudah tertanam sekitar 4.000 batang pohon klengkeng dari berbagai macam jenis, karena klengkeng tidak mengenal musim jadi bisa berbuah dan berkembang terus, bisa dikatakan hampir setiap hari ada buah yang sudah bisa dinikmati atau bisa kita panen. “Setiap hari seandainya ada kunjungan kita bisa memetik dan menikmati buah klengkeng”. Jelasnya.

TUMPANG SARI 1

Rencana kedepannya untuk menunjang wisata edukasi petik klengkeng kami mematok harga 50 ribu bisa makan sepuasnya di kebun klengkeng dan kami bawakan pulang sekitar 1 kg buah klengkeng, ternyata sudah banyak yang berkunjung dan menikmati hasil buah klengkeng seperti dari Jakarta, Jombang, Rombongan dari Bojonegoro dengan Poktan dan Gapoktan. Yang terbanyak dari anak-anak mulai dari SD sampai dengan SMAN yang ingin belajar berkebun. Bahkan ada juga tamu dari Tunisia (Luar Negeri). Katanya dengan bangga.

TUMPANG SARI 2

Keuntungan bertanam klengkeng dalam waktu 2 tahun 1 pohon klengkeng bisa menghasilkan 20 kg buah klengkeng per panen sedangkan klengkeng tidak mengenal musim atau bisa berbuah setahunya 3 kali. Kalau dikalkulasikan untuk hasil buah klengkeng 1 kg Rp. 25.000,- kalau dalam 1 tahun bisa panen 3 kali dan masing-masing panen sekitar 20 kg, jadi bisa kita hitung 1 pohon klengkeng kali 20 kg kali 3 panen dikalikan 25.000, hasilnya sangat menggiurkan. (Kominfo, Yrpd, Yda, Wk).

Add comment


Security code
Refresh

banner