Tuesday, 16 October 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Bantuan Burung Hantu Untuk Menekan Serangan Tikus

Pemerintah kabupaten Kediri melalui dinas pertanian dan perkebunan memberikan bantuan burung hantu kepada 10 kelompok tani di kabupaten Kediri. Kegiatan penyerahan bantuan ini diselenggarakan di desa jambu, kecamatan kayen kidul, senin (16/10).

Burung Hantu 1Kepala dinas dispertabun, widodo imam s, mengatakan penyerahan bantuan burung hantu ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan serangan hama tikus secara alami. Hal ini dikarenakan burung hantu merupakan predator tikus dalam siklus rantai makanan.

"Tingkat efektivitasnya sudah kami analisa sejak 2014 lalu. Dimana Dari 131 hektar lahan yang rusak akibat serangan tikus, setelah diberi burung hantu ini turun menjadi 31 hektar." Jelas widodo.

Burung Hantu 2Widodo melanjutkan sampai saat ini sudah diberikan sebanyak 46 pasang burung hantu kepada poktan. Sementara untuk swadaya masyarakat di kabupaten Kediri terdapat 90 pasang lebih.

"Hal ini Sesuai arahan bupati Kediri, peningkatan hasil pertanian selain penambahan area lahan juga mengupayakan minimalisir hasil panen yang tidak optimal saat penanganan padi dan pasca panen." Tambahnya.

IMG-20171016-WA0190Pemberian bantuan ini disambut baik oleh para petani. Seperti diungkapkan joko, ketua poktan desa jambu mengeluhkan selama ini serangan tikus sudah pada taraf yang parah. berbagai usaha sudah dirasa gagal dalam menghentikan serangannya.

"Dulu tikus yang menyerang kecil-kecil sekarang berukuran besar dan memakan semua tanaman petani. Adanya bantuan ini kami berterima kasih karena telah terbukti do daerah lain menekan serangan tikus secara signifikan." Tuturnya. (Kominfo/yda,yrpd,wk)

Add comment


Security code
Refresh

banner