Kamis, 18 Januari 2018

Berbagi Ilmu dan Pengalaman di MTB Scout Challenge

Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Kediri menyelenggarakan MTB Scout Challenge. Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, kegiatan yang berlangsung tanggal 14-15 Oktober 2017 ini diikuti 26 pangkalan se-Kabupaten Kediri serta dari Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek. Sebanyak 408 penegak putra dan putri mengikuti upacara pembukaan yang dilaksanakan di Lapangan Pagu pada Sabtu (14/10).

scout 1

Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Kediri Dra. Binti Hanifah, MPd mengungkapkan MTB Scout Challenge ini dilaksanakan untuk menggalang, mempersatukan para peserta, dan menjadi ajang saling asih-asuh, berbagi ilmu dan pengalaman di bidang kepramukaan.

“Banyak kegiatan digelar di event ini, seperti lukis mural, smart video maupun beragam giat fisik dan giat akademis. Kami berharap melalui acara ini dapat meningkatkan kualitas diri para peserta, mengembangkan ilmu dan pengalaman mereka, serta memperkuat karakter bangsa Indonesia yang berpancasila,” kata Binti Hanifah.

scout 2

Di hari pertama penyelenggaraan MTB Scout Challenge, sejak pagi para peserta mulai mendirikan tenda. Tampak puluhan tenda berdiri berjajar di Lapangan Pagu, lengkap dengan atribut penanda masing-masing pangkalan. Seusai upacara pembukaan, para peserta mengikuti briefing untuk pelaksanaan beberapa kegiatan yang dilaksanakan di hari itu, diantaranya lomba smart video, lomba egrang dan lomba pionering.

Sesaat kemudian, puluhan peserta mulai memenuhi lapangan sambil membawa tongkat dan tali-temali. Mereka adalah perwakilan masing-masing pangkalan yang akan mengikuti lomba pionering, yaitu membuat suatu bentuk bangunan dengan menggunakan peralatan dasar tali dan tongkat. Kali ini mereka diharuskan membuat alat transportasi, baik darat, laut maupun udara.

scout 5

“Kriteria penilaian antara lain kekuatan, kreatifitas dan ketepatan simpul. Dengan 40 tongkat, peserta harus bisa menyelesaikan lomba pionering ini dalam waktu 100 menit. Satu kelompok terdiri dari 4 orang, dan merupakan wakil dari masing-masing sekolah/pangkalan,” terang Achmat Maskurochman, Ketua Dewan Kerja Cabang Kab. Kediri.

Di sesi kedua, lanjut Rochman, peserta akan mengikuti lomba kreasi baris berbaris, lomba poster, dan lomba bouquet snack (mengemas snack). Selanjutnya di malam hari mereka akan mengikuti unggun gembira, dimana akan dipertunjukkan MTB Safety Riding dan pagelaran pentas seni.

scout 6

Di hari kedua besok (15/10), para peserta akan diajak menjelajah dengan menggunakan sepeda. Beberapa tempat wisata di Kabupaten Kediri akan menjadi tempat tujuan penjelajahan tersebut, seperti Sumber Gundhi, Sendang Kamandanu dan kawasan SLG. Di masing-masing pos akan disediakan berbagai macam tantangan untuk mengasah kompetensi yang telah disiapkan di masing-masing pangkalan. (Kominfo/tee,fz,wk)

Add comment


Security code
Refresh