Thursday, 13 December 2018
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Klarifikasi Kabupaten Sehat Untuk Raih “Swasti Saba Wiwerda” Tingkat Nasional.

Tidak mengenal lelah para Tim Verifikasi Kabupaten Sehat baik Tingkat Nasional maupun Tingkat Provinsi Jawa Timur untuk melakukan penilaian juga memberikan masukan dan saran supaya Kabupaten Kediri bisa Meraih “Swasti Sawa Wiwerda” Tingkat Nasional, setelah 2 titik pantau sudah dilakukan di Desa Tertek, Pasar Sayur Kecamatan Pare dan Desa Minggiran Kecamatan Papar, malamnya (05/10) bertemu langsung dengan Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno di Wisma Tamu Kabupaten Kediri.

KAB.SEHAT WISMA 2

Tim disambut dengan Baik dan ramah penuh rasa kekeluargaan oleh Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno bersama Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Kediri Hj. Rosyidah Masykuri dan Kepala SKPD Se Kabupaten Kediri. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang di Kabupaten Kediri juga terimakasih atas kedatangan para Tim Verifikasi Kabupaten Sehat baik dari Kementerian Kesehatan RI maupun dari Provinsi Jawa Timur.

Alhamdulilah pada tahun 2016 Kabupaten Kediri telah berhasil lolos Verifikasi Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur, sehingga pada Tahun 2017 maju ketahap penilaian Tingkat Nasional, dengan empat tatanan. Perlu diketahui pada tahun 2015 Kabupaten Kediri berhasil meraih penghargaan “Swasti Saba Pradapa” Tingkat Nasional dengan 2 Tatanan. Yang pertama Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum Sehat dan yang kedua Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri. Jelas Bupati Kediri.

KAB.SEHAT WISMA 3

Dengan prestasi tersebut Pemerintah Kabupaten Kediri, masih terus berupaya mengembangkan potensi masyarakat, dengan mengembangkan potensi daerah, tanpa meninggalkan social budaya yang tertata dalam masyarakat. Yaitu dengan mengembangkan Kawasan Pariwisata Sehat dan Kawasan Hutan Sehat. Sehingga pada tahun 2017 ini Kabupaten Kediri mengajukan 4 tatanan yaitu Kawasan Pemukiman, Sarana dan Prasarana Sehat, Tatanan Kehidupan Sehat Mandiri, Kawasan Pariwisata Sehat dan Kawasan Hutan Sehat. Katanya.

Semoga dengan persiapan dan waktu yang singkat ini kami Pemerintah Kabupaten Kediri bisa berhasil meraih Penghargaan dengan 4 tatanan yaitu “Swasti Saba Wiwerda”. Harapnya.

Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat diwakili dari Kementrian Kesehatan RI tepatnya di Direktorat Kesehatan Lingkungan Budiman Setepu dan Kementerian Kesehatan RI, Direktorat Kesehatan Lingkungan pada Sub Penyehatan udara, pangan dan kawasan Eko Budi, memperkenalkan diri dan mengakatan tujuan diadakannya Penilaian Kabupaten Sehat.

KAB.SEHAT WISMA 4

Hal ini dalam rangka meningkatkan kesehatan kepada masyaakat khususnya di daerah, sebenarnya kami Tim dari berbagai sector jadi bukan hanya dari Kemenkes RI saja tapi karena ada kegiatan yang bersamaan jadi kami berdua mewakili teman-teman lainnya yang tidak bisa hadir di Kabupaten Kediri. jelasnya

Perlu kami sampaikan kepada Ibu Bupati Kediri, karena ini bukan penilaian lagi karena nilai Kabupaten Kediri sudah baik. Karena di Jawa Timur ada sekitar 37 Kabupaten dan Kota yang mengajukan Kabupaten Sehat tapi yang terpilih 21 Kabupaten dan Kota termasuk Kabupaten Kediri jadi yang dikunjungi termasuk mendapat nominasi.

Jadi seperti apa yang sudah tertulis dan sudah kami bedah tentunya harus sama jadi kami hanya ingin klarifikasi antara dokumen yang dikirimkan dengan kenyataan dilapangan semoga sama dengan dokumen yang sudah kita nilai. Biasanya apa yang sudah tertulis tidak sama dilapangan/ terlihat.

KAB.SEHAT WISMA 5

Tujuan dari pada kegiatan ini bukan semata-mata untuk menjadi juara, tapi bagaimana komitmen dari Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk membangun kesehatan pada khususnya, karena bagaimanapun kita sebagai Pemerintah tidak sanggup sendiri membangun kesehatan ataupun yang lainnya kalau tidak dibantu oleh masyarakat.

Tentu hal ini didorong oleh pra Forum/Forkom untuk bisa mendorong dan memberikan motivasi kepada masyarakat bisa berpartisipasi dalam pembangunan, intinya kemandirian masyarakat dan pemberdayaan masyarakat, oleh karena itu untuk penilaian ini juga, kami tidak melihat output, tapi kami melihat proses, bagaimana para fasilitator bekerja, bagaimana prosesnya Pemerintah baik Tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Tingkat Desa. Kata Budiman.

KAB.SEHAT WISMA 1

Setelah selesai sambutan dilanjutkan dengan mendengarkan paparan oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kediri DR. Mukhamad Muksin, M.Pd yang menjelaskan empat tatanan yang akan dinilai atau diklarifikasi oleh Tim Verifikasi Nasional dan dilanjutkan bedah dokumen ke empat tatanan di Sekretariat Kabupaten Sehat Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.. (Kominfo, Yrpd, Fz, Tj,Wk).

banner