Senin, 18 Desember 2017

Mewujudkan Peluang Usaha Bagi Anak Muda Untuk Membangun Desa.

“Membangun Desa” kalimat inilah yang di ucapkan oleh Kepala Desa Jambu Kecamatan Kayenkidul Agus Joko Sulilo, disela-sela kegiatannya mengelola kebun bibit “ Alam Tani” (29/9). Desa yang dulu mati suri sekarang bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat, semua perkembangan ini tidak lepas dari peran serta masyarakat Desa Jambu mulai dari anak-anak, karang taruna sampai dengan sesepuh desa sangat mendukung keberhasilan mengembangkan Desa Jambu.

AGUS JAMBU 2

Apalagi Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno selalu memberikan wejangan kepada semua Kepala Desa yang ada di Kabupaten Kediri untuk bisa menggali potensi yang ada di desanya juga mengembangkan desanya menjadi desa yang bermanfaat juga bisa membawa kearah kesejahteraan masyarakat yang nantinya bisa meningkatkan perekonomian baik desa maupun Kabupaen Kediri.

“Membangun desa dengan cara yang kreatif dan inovatif.” Kalimat ini yang selalu saya pikirkan dan saya ingat setiap hari agar saya selalu optimis bahwa desa akan jauh lebih baik jika semua masyarakat terutama generasi muda mampu berpikir kreatif untuk membuat karya-karya yang menarik. Berbagai potensi yang ada di desa sangat mungkin dapat dikembangkan dan dapat mewujudkan kegiatan berbasis Usaha Ekonomi Masyarakat jika dikemas dengan cara yang kreatif dan inovatif . terang Agus.

AGUS JAMBU 4

Desa Jambu berdekatan dengan Desa Bendo Kecamatan Pare, Desa Mejono Kecamatan Plemahan dan Desa Sekaran Kecamatan Kayenkidul. Dengan jumlah penduduk sekitar 5.590 jiwa terdiri dari laki-laki 2.781 jiwa dan perempuan 2.809 jiwa. Untuk jarak tempuh dari Desa Jambu dengan Kantor Kecamatan Kayenkidul kurang lebih 5 Km, jarak tempuh dengan Ibu Kota Kabupaten Kediri sekitar 21 Km.

Penduduk di Desa Jambu sangat ramah dan saling menghargai satu dengan yang lainnya padahal di Desa jambu terdapat 3 agama yang semuanya bisa bersatu bahkan untuk kegiatan keagamaanpun kami disini saling mendukung antara Agama Islam, Agama Kristen dan Hindu, setiap kali ada kegiatan keagamaan kita selalu guyub rukun, toleransi antar umat beragama di Desa Jambu sangat tinggi sekali saya sangat bangga sebagai Kepala Desa Jambu. Kata Agus penuh semangat.

AGUS JAMBU 5

Didukung dengan sector perkebunan karena masyarakat di Desa Jambu kebanyakan petani, selain kelengkeng juga saat ini kita sedang panen kacang tanah, memang Desa Jambu juga terkenal dengan kacang tanah untuk penjualan kita tidak kesulitan, di Kabupaten Kediri kita sudah punya nama jadi tidak khawatir untuk pemasaran kacang tanah.

Saat ini kita juga mengembangkan di sector peternakan dengan ternak kambing ettawa dan sapi perah kebetulan kemaren pada kegiatan Eksponak 2017 di Kecamatan Banyakan kita juga mengikuti kontes ternak tersebut, selain ternak juga kita kembangkan perikanan masih dalam taraf pembibitan ternak ikan lele. Terang Agus.

AGUS JAMBU 1

Karena di desa kami juga sangat mencintai budaya bangsa dan ingin mempertahankan kesenian karawitan bahkan sering sekali pentas baik di Desa Jambu bahkan desa sekitar sering “nagggap” atau tampil untuk menghibur pada saat ada hajatan. Kesenian tradisional Desa Jambu kita beri nama paguyuban seni karawitan pura " DEWI RATIH " Dusun Sumberjo Desa Jambu. Untuk UMKM andalan kami produksi Rengginang ada juga rumput laut dan juga pengrajin gerabah seperti membuat sapu dan lainnya. Imbuhnya.

Suatu usaha yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif biasanya tidak dapat berkembang abadi. Lingkungan yang begitu dinamis menuntut kreativitas untuk selalu adaptif dan mencari terobosan terbaru. Karakter cepat berpuas diri dan cenderung stagnan sama saja membawa diri ke arah kematian.

AGUS JAMBU 3

Tentunya untuk mencapai itu semua dibutuhkan keberanian, mampu mengidentifikasikan masalah, lebih sering mencoba jika gagal, mampu berkompetisi, dan mampu berpikir di luar kebiasaan. Serta untuk dapat memiliki ilmu pengetahuan yang luas, salah satunya seperti internet (Interconnection Networking) yang dapat membantu para anak muda yang cerdas dan terampil untuk belajar dan mencari informasi tentang industri kreatif agar dapat dikembangkan di desa.

AGUS JAMBU 6

Sehingga, keyakinan kita bahwa di masa mendatang tidak akan ada lagi orang-orang di desa yang ingin bekerja di luar negeri akan segera terwujud. Karena, peluang berusaha di desa jauh lebih baik daripada menjadi pekerja di negeri orang. Harap Agus juga sebagai Kiat atau motivasi untuk para pemuda Desa Jambu bisa membangun desanya lebih baik lagi. (Kominfo, Yrpd,Wk).