Senin, 23 Oktober 2017

MTQ, Syiar Membumikan Al Qur’an

Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM. secara resmi melepas kafilah MTQ Kabupaten Kediri yang akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur XXVII Tahun 2017 di Kabupaten Pasuruan. Pelepasan 33 orang kafilah tersebut dilaksanakan pada Kamis (28/9) di Ruang Kilisuci Pemkab Kediri. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kab. Kediri, Kabag Kesra, Camat se-Kabupaten Kediri, serta para dewan hakim dan pendamping.

mtq 3

“Kepada adik-adik peserta musabaqah, kami ucapkan selamat karena terpilih sebagai duta Kabupaten Kediri, sebagai kafilah yang akan ikut serta berlaga di Pasuruan. Saya yakin Kabupaten Kediri ini pabriknya juara, dan saya yakin adik-adik ini akan mampu menampilkan yang terbaik untuk Kabupaten Kediri,” kata Wabup Kediri mengawali sambutannya.

Menyinggung tentang penyelenggaraan MTQ, Drs. H. Masykuri, MM mengatakan bahwa yang menjadi poin penting bukanlah kejuaraan akan tetapi pemahaman dan penerapan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan. Al Qur’an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW dan firman-firman Allah SWT. Menurut beliau jika para kafilah berangkat dengan niat untuk memahami, menafsirkan dengan benar, kemudian menjadikan Al Qur’an sebagai akhlaq, insha Allah ridha Allah turun dan salah satu hadiahnya adalah menjadi juara.

mtq 4

“Mari kita tata niat kembali, bahwa keberangkatan ke Pasuruan tidak untuk berlomba tetapi dalam rangka syiar membumikan Al Qur’an. Menjadikan Al Qur’an sebagai the way of life atau pedoman hidup kita, jalan hidup kita, dengan memahami, membaca dengan tartil, mengamalkan dan menjadi akhlaq kita. Sehingga keberangkatan kita betul-betul niat ibadah dalam rangka syiar untuk membumikan Al Qur’an,” pesan Wabup Kediri.

Ketigapuluhtiga kafilah dari Kabupaten Kediri mengikuti MTQ Jawa Timur XXVII yang akan diselenggarakan tanggal 1-8 Oktober 2017 di Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Mereka adalah para juara 1, 2 dan 3 pada MTQ tingkat Kabupaten Kediri tahun 2016. Menurut Kabag Kesra Slamet Turmudi, S.Sos., pembinaan kepada para kafilah telah dilakukan selama tiga bulan untuk mempersiapkan mereka mengikuti MTQ di tingkat Provinsi.

mtq 1

“Kafilah-kafilah ini akan mengikuti seluruh cabang yang dilombakan, yaitu tilawah, syarh, fahm, hifzh, tafsir, khath dan karya ilmiah. Selama pelaksanaan mereka akan didampingi dewan pembina dan official. Persiapan tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dan kami yakin Kabupaten Kediri bisa masuk 10 besar. Mohon doa restu dari semua masyarakat agar kafilah MTQ Kabupaten Kediri dapat berprestasi lebih baik dibanding tahun 2015,” pungkas Slamet Turmudi. (Kominfo/tee,lk,tj)

Add comment


Security code
Refresh

Agama dan Tokoh