Senin, 18 Desember 2017

“Kembali Ke Alam” Poktan Sumber Makmur II Ikuti Verifikasi Tingkat Provinsi.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur mengadakan kunjungan sekaligus verifikasi pada Kelompok Tani (Poktan) Sumber Makmur II Desa Kalipang Kecamatan Grogol hasil binaan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri melalui para pendamping Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Grogol. (1/8).

KUNIR KALIPANG 3

Tim Verifikasi disambut dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri, Muspika Kecamatan Grogol, Tokoh Masyarakat Desa Kalipang serta seluruh Poktan Sumber Makmur II Desa Kalipang, apalagi ada iringan music gamelan tradisional, khas wong jowo dengan lagu karawitan dan langgam menambah meriah suasana verifikasi tersebut.

Camat Grogol diwakili Sekcam Grogol Zaenal Mustofa, SE. MM mengucapkan terikamasih karena dan selamat datang di Desa Kunir Desa Kalipang, dengan adanya Poktan ini informasi-informasi dari Kabupaten bisa tersampaikan dengan cepat. Sehingga harapan dari Pemerintah dengan program-programnya bisa tersampaikan.

KUNIR KALIPANG 2

Ternyata banyak sekali manfaat baik peningkatan pendapatan dari Poktan, juga majunya kegiatan social yang ada di Poktan ini. Seperti arisan, kesenian karawitan, kelompok pengajian dan yasinan, saya atas nama Kecamatan Grogol menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Poktan ini.

Dijelaskan oleh Kaur Kesra Desa Kalipang atas nama Kepala Desa Kalipang, kami selaku tuan rumah sangat bangga atas terpilihnya Poktan Desa Kalipang oleh Tim Verifikasi dari Provinsi , dan sangat berterima kasih sekali. Inilah sekelumit wajah Desa Kalipang, dilereng Gunung Wilis, dengan penduduk seperti ini dan perlu kami laporkan bahwa hamper 80 % masyarakat Desa Kalipang sebagai Petani.

Perlu diketahui bahwa lahan pertanian di Desa Kalipang tidak sama dengan yang ada di Timur Sungai, karena Kabupaten Kediri terdapat 2 wilayah yang sangat berbeda kulturnya kalua di Barat Sungai agak tandus sedang di timur sungai sangat subur. Jadi para petani harus eksatra mengeluarkan tenaga untuk bisa mengolah lahan pertaniannya.

KUNIR KALIPANG 1

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri diwakili Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Drs. Budi Tjahyono, MM dengan guyonan yang segar akrena saat mau sambutan di iringi dengan gamelan “koyok dalang”. Katanya.

Kami dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri menyambut gembira dan bahagia bahwa salah satu Poktan yang ada di Kabupaten Kediri bisa menjadi salah satu nominasi juara, dan sudah memenangkan lomba administrasi di Tingkat Provinsi. Nominasi yang sudah mendapatkan hasil ada 3. Dan berita baiknya dari bu Retno Provinsi mau mendongkrak pendapatannya.

Minimal sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, juga disertai dengan doa dari Poktan, kedepannya pasti akan mendapatkan bantun alat-alat pengolahan kunir juga alat-alat pertanian. Dan juga akan dibuatkan Peking House atau rumah pengepakan dan pengemasan, beserta alat-alatnya. Terang Budi.

KUNIR KALIPANG 4

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur K. Dwi Retno Ningsih membawa 3 rekannya juga sebagai Ketua Tim Verifikasi menyampaikan bahwa kami sowan ke sini pada prinsipnya klarifikasi, tidak lomba, kita hanya mencocokkan apa yang sudah ditulis, karena kita sudah tidak perlu lagi menanyakan semuanya sudah lengkap dipaparkan dan ditulis sudah lengkap.

Semboyan masyarakat modern saat ini adalah “kembali ke alam“, jadi penggunaan obat obatan tradisional diyakini lebih aman dan murah. Baik masyarakat kota sampai ke desa sudah faham bahwa obat-obatan kimia atau pabrikan itu mendatangkan efek samping, jadi kita patut berbangga semua nantinya akan kembali kealam.

KUNIR KALIPANG 5

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab mencocokan administrasi dan kesiapan lainnya para Poktan dengan Ketua Poktan Malik Sofi bersama 169 anggotanya, didampingi dengan PPL Desa Kalipang Prasetio Utomo juga pendamping lain PPL dan Koordinator PPL Kecamatan Grogol.  (Kominfo, Yrpd, Fz, Wk).

Add comment


Security code
Refresh