Minggu, 22 Oktober 2017

Aku Sehat, Karena Imunisasi MR

Apa Kabar…. Sehat, Semangat, Luar Biasa…

Anak-anak SMPN 1 Banyakan dengan diiringi gemlan menyanyikan lagu Imunisasi MR

“MR adalah Measles Rubella, Measles Rubella sangatlah berbahaya, penyebab cacat selamanya, hari ini saatnya imunisasi, agar bebas dari campak Rubella, Campak dan Rubella bisa menular, lewat kita menjalar, mari kawan, mari Imunisasi, tak usah takut masa depan berseri. Nyanyi anak-anak penuh semangat.

BYK MR 4

Menurut catatan Kementerian Kesehatan RI tahun 2016, dilaporkan ada 8.185 kasus campak pada tahun 2015. Jumlah ini lebih rendah dibanding tahun 2014 yang mencapai 12.943 kasus. Rubella masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang perlu pencegahan efektif karena data surveilans lima tahun terakhir menunjukkan 70% kasus terjadi pada kelompok usia di bawah 15 tahun. Perhitungan modelling yang dilakukan Kementerian Kesehatan di Jawa Timur menunjukkan ada 700 bayi yang dilahirkan dengan penyakit campak rubella setiap tahun.

Oleh sebab itu Pemerintah Pusat pada hari ini (1/8) menggelar imunisasi campak dan rubella atau ‘’measles-rubella’’ di sebagian besar wilayah. Vaksinasi untuk bayi hingga anak usia 15 tahun ini dilangsungkan di berbagai sekolah dan pusat layanan kesehatan masyarakat guna mencegah penyakit campak dan Rubella.

BYK MR 1

Begitu juga yang terjadi di Kabupaten Kediri, Ibu Bupati Kediri dr.Hj.Haryanti Sutrisno terjun langsung memberikan imunisasi campak dan rubella di wilayah SDN Bendo 1 Kecamatan Pare dan MI Darul Falah Kecamatan Kandangan, ini semua di lakukan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabuaten Kediri.

Salah satu contoh di SMPN 1 Banyakan, mulai dari kelas VII sampai dengan IX disiapkan dihalaman SMPN 1 Banyakan, tampak Hadir Muspika Kecamatan Banyakan, Kepala UPTD Puskesmas Tiron, Kepala SMPN 1 Banyakan Suprapto, Spd. M.Pd beserta staf dan para guru, Kepala Desa Se Kecamatan Banyakan juga para Ibu dan Bapak Guru mulai dari Paud sampai dengan SMP hadir menyaksikan pencanangan tersebut.

BYK MR 2

Camat Banyakan Hari Utomo, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini ibu Bupati Kediri dr.Hj. Haryanti Sutrisno telah melakukan pencanangan secara serentak di Seluruh Kabupaten Kediri, begitu juga dengan Kecamatan Banyakan untuk pembukaan pencanangan kita laksanakan di SMPN 1 Banyakan.

Pelaksanaan Imunisasi MR ini adalah Program Nasional, jadi saya sangat berharap sekali kepada ibu-ibu dan bapak-bapak Kepala Desa, Kepala Puskesmas dan ibu guru juga Kepala Sekolah se Kecamatan Banyakan, mari kita laksanakan imunisasi ini, yang bertujuan untuk kesehatan anak-anak kita.

BYK MR 3

Insya Allah dengan pelaksanaan pada hari ini, diharapkan Indonesia bebas dari MR, Imunisasi ini sangat penting buat anak-anak semua, saya yakin anak-anakku semua sudah menjadi anak-anak yang sehat, anak-anak yang pintar, yang nantinya akan menggantikan kami, saya harapkan dengan adanya imunisasi ini bisa menjadi lebih sehat, lebih pintar, ditangan kalianlah kami berharap kedepannya bisa meneruskan Bangsa ini menjadi yang lebih baik.

Saat di tanya ada yang takut di suntik ..? dijawab serentak “tidak”, ada yang mau nangis. “tidak”, ternyata masih banyak juga yang takut disuntik, jangan takut tidak sakit kok, kata Hari memberi semangat.

Kepala UPTD Puskesmas Tiron dr.Hj. Sri Muntamah mengatakan bahwa pemberian imunisasi Campak adalah suatu kekebalan terhadap penyakit Campak dan Rubella, untuk penyakit ini sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecacatan utamanya pada bayi Cacat lahir ini termasuk cacat mental, katarak, tuli, ketidaknormalan jantung (penyakit jantung kongenital) dan pertumbuhan janin lebih lambat dari janin normal.

BYK MR 5

Masih banyak lagi seperti gangguan pada jantung, gangguan ginjal, penyakit ini bisa menyerang anak-anak mulai usia 9 bulan hingga 15 tahun, jadi sasaran imunisasi kali ini adalah pada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun, agar anak terbebas dari penyakit campak dan rubella.

Ingat…. Untuk putra putri yang berusia 9 bulan sampai dengan 15 tahun, segera datang ke posyandu, ke Sekolah, ke Puskesmas, untuk mendapatkan imunisasi MR Gratis… ingat.. gratis lhoo.. himbau Muntamah. Disambut dengan yel yel Indonesia Sehat….

BYK MR

Acara dilanjutkan dengan pemberian secara simbolis suntikan Imunisasi MR dari Kepala UPTD Puskesmas Tiron kepada Camat Banyakan dan dilanjutkan dengan penyuntikan Imunisasi MR oleh Kepala UPTD Puskesmas Tiron.

Ketua TP PKK Kecamatan Banyakan Ibu Hari Utomo juga sebagai perawat dan seorang Dosen Stikes ikut memberikan suntikan Imunisasi MR. (Kominfo, Yrpd, Fz, Wk).