Rabu, 22 Nopember 2017

Ribuan Penonton Saksikan Pawai Mobil Hias Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2017


Pecah Kendil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P menjadi tanda mobil hias siap diberangkatkan. Ribuan orang sudah berkumpul sejak pagi memadati jalanan yang akan dilewati oleh mobil hias. Ada yang datang bersama keluarga, sahabat dan lain sebagainya. Start dimulai di depan kantor Bank Daerah Kawasan Simpang Lima Gumul kemudian finish di kantor Pemda Kabupaten Kediri. Tanpa celah, semua ruas jalan penuh oleh lautan manusia (16/7).

parade mobil hias 2017 1

Sebelum mobil hias diberangkatkan, para penonton mendapat hiburan dengan atraksi yang luar biasa dari Taruna Politeknik Pelayaran Surabaya dengan nama Gita Suara Samudera. Semua kemampuan dan kebolehan dalam drumband dikeluarkan dan sontak membuat para penontok berdecak kagum dan serempak bertepuk tangan.

Kemudian disusul oleh pawai mobil hias, yang pertama adalah mobil hias dari Sekretariat Daerah Kabupaten Kediri yang mengambil tema Ande-ande Lumut. Selanjutnya disusul oleh mobil hias dari Dinas PU-PR berkolaborasi dengan BKD, diikuti mobil hias milik Dinas Kominfo yang berkolaborasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Setwan, yang mengusung tema Sri Tanjung.

parade mobil hias 2017 4

Seluruh peserta dengan penuh kreatif dan imajinasi yang tinggi membuat mobil hias semenarik mungkin, demi kemeriahan acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2017 dan juga untuk menghibur penonton yang tumpah ruah di jalan. Mengusung tema “Panji Merajut Keharmonisan Nusantara” dengan tagline “Panji Balik Kampung”, semua mobil hias dibuat dengan mengenalkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Kediri.

Peserta mobil hias dari luar daerah pun juga turut memeriahkan acara tahunan ini, seperti yang sudah menjadi langganan setiap tahun yaitu Kabupaten Pamekasan dari Pulau Madura dan Kabupaten Jembrana Provinsi Bali. Para pelajar dari SMKN 1 Ngasem pun juga tidak mau kalah, penampilan yang dibawakannya sederhana namun sangat cantik dan unik mampu membius para penonton.

parade mobil hias 2017 2

Para petugas keamanan dari jajaran Kepolisian, Satpol PP dan Dinas Pehubungan dibuat kuwalahan dengan penonton yang membludak, namun dengan kesadaran dan ketertiban para penonton, acara berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

Aditya Galih Rahmana seorang penonton yang berasal dari Kota Kediri sangat kagum dengan acara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Dari tahun ke tahun selalu memberikan inovasi-inovasi baru yang mampu menyedot antusias dari pengunjung.“Semoga tahun depan dapat menampilkan yang lebih baik dari sekarang ini,” harapnya.

parade mobil hias 2017 3

Membludaknya penonton yang menyaksikan pawai mobil hias menjadi berkah pula bagi para tukang parkir yang menyediakan jasanya di gang-gang desa. Salah satunya adalah Budi Santoso. Bersama empat temannya, mereka silih berganti memberikan nomor parkir kepada pengunjung.

Budi yang asli warga Dusun Katang Desa Sukorejo mengakatan ia bersama teman-temannya sudah tiga tahun ini membuka jasa parkir ketika ada pawai mobil hias seperti ini. “Lumayan mas, bisa buat tambahan kebutuhan keluarga dirumah,” terang Budi. (Kominfo/lks, tee, wk)

Add comment


Security code
Refresh

Pariwisata Seni dan Budaya