Jumat, 21 Juli 2017

Panji Merajut Keharmonisan Nusantara

Perhelatan akbar Festival Panji Nasional dan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2017 telah resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Menteri dengan didampingi Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri H. Sulkani, Ketua TP3 Kabupaten Kediri Ir. H. Sutrisno, Kapolres Kediri AKBP. Sumaryono, SH, SIK, MH, serta Dandim 0809 Kediri Letkol Arm Joko Setiyo, M.Si (Han).

parade 2

Suatu kehormatan pada Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri tahun ini selain dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, hadir pula seluruh Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota se-Jawa Timur.

Setelah pemotongan pita semua tamu undangan menuju panggung utama untuk menyaksikan Parade budaya dan mobil hias yang juga dibuka oleh Bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan ditandai memecahkan kendi.

“Merupakan kebanggaan bagi kami, bahwa Festival Panji Nasional diselenggarakan di Kabupaten Kediri bersamaan dengan pelaksanaan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri Tahun 2017,” kata Bupati Haryanti mengawali sambutannya. Menurutnya, kegiatan Pekan Budaya dan Pariwisata merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Kediri, sebagai bagian dari media promosi dan apresiasi seni, tidak hanya dari Kabupaten Kediri tetapi juga dari berbagai daerah (16/7).

parade 1

“Mengambil tema “Panji Merajut Keharmonisan Nusantara” dengan Tagline “Panji Balik Kampung”, Festival Panji Nasional dan Pekan Budaya dan Pariwisata Tahun 2017 merupakan sarana untuk menghimpun kembali Budaya Panji yang berakar di Jawa Timur khususnya Kediri, yang telah tersebar ke seluruh Nusantara, kemudian kita rangkai kembali menjadi lebih indah dan lebih bermakna. Tema ini sekaligus untuk mendorong naskah cerita panji sebagai Memory of the World (MoW) Unesco,” lanjut beliau.

Saat ditemui seusai acara, Ibu Bupati Kediri menambahkan dengan sering diadakannya acara seperti ini adalah agar masyarakat lebih mengenal tentang budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri termasuk sejarah Panji. Selain Pekan Budaya dan Pariwisata yang saat ini sedang berlangsung, setiap tahun juga diadakan kegiatan yang bertema budaya yaitu pada acara Hari Jadi Kabupaten Kediri dan Festival Kelud.

parade 3

“Setiap event Pekan Budaya dan Pariwisata berlangsung, pasti ada beberapa panggung yang setiap harinya akan diisi dengan kegiatan tentang kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kediri,” terang Bupati Kediri.

Di kesempatan yang sama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, MAP menyampaikan arah pembangunan nasional kebudayaan di Indonesia sangat menekankan pada penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa. Karakter harus dibangun dengan sungguh-sungguh dan pembangunan karakter harus merupakan usaha yang sadar terarah dan sistematis agar dapat mencerminkan jati diri sesuai dengan nilai-nilai luhur.

“Karakter bangsa seharusnya menjadi arus utama dalam pembangunan nasional kebudayaan, artinya dalam setiap upaya pembangunan harus selalu memikirkan keterkaitan dan dampaknya terhadap pembangunan karakter. Harapannya nanti karakter yang terbentuk akan mengarah pada hal yang bernilai positif,” urai Mendikbud.

parade 4

Lebih lanjut beliau menegaskan bahwa amanah untuk mencerdaskan bangsa bukan hanya tugas pendidikan semata. Lebih dari itu, nilai-nilai luhur nenek moyang dan perilaku kebiasaan yang turun temurun, keteladanan yang diwariskan oleh nenek moyang, merupakan investasi kebudayaan yang sangat berperan untuk mencetak anak-anak bangsa yang cerdas dan berbudaya, bermoral dan berakhlak baik serta sangat menghargai sejarah dan kebudayaan.

Festival Panji Nasional ini juga dihadiri oleh Pemerhati Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia Prof. Wardiman Djojonegoro yang merupakan salah satu penggagas yang mengusulkan hikayat Panji ini menjadi kekayaan dunia. (Kominfo/lk, tee, wk)

Add comment


Security code
Refresh