Selasa, 25 Juli 2017

Al-Qur an Diturunkan Sebagai Petunjuk Dan Pedoman Umat Manusia

Malam ini merupakan malam yang sangat istimewa bagi seluruh umat islam, karena di malam ke 17 bulan Suci Ramadhan Al-Qur an diturunkan sebagai petunjuk dan pedoman dalam menjalani kehidupan umat manusia. Tidak hanya sebagai petunjuk saja tetapi kita harus bisa mengamalkan isi dan arti dari kandungan Al-Qur an tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

nuzulul qur an 3Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT Kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 22 tahun 2 bulan 22 hari yang terdiri dari 30 Juz 114 Surah. Surah yang pertama diturunkan adalah surah Al-Alaq ayat 1-5. Jika betul-betul mengikuti petunjuk Al-Qur'an maka kita akan terhindar dari siksa api neraka.

Al Qur'an sebagai petunjuk untuk berhubungan kepada Allah SWT (Hablum Minnallah) dan hubungan dengan sesama manusia (Hablum Minannaash). Jadi selain taat kepada Allah dan Rosul kita juga harus selalu baik kepada keluarga, tetangga, dalam lingkungan kerja dan lain-lain. Begitulah petikan tausiyah ketua MUI Kabupaten Kediri Drs. KH. Imam Sanusi di Pendopo Kabupaten Kediri, Senin (12-6).

nuzulul qur an 2Pengajian tersebut dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an 1438 H yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, Wakil Bupati, Drs. H. Masykuri MM, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Kepala OPD Kabupaten Kediri, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta kepala desa se-Kabupaten Kediri.

Sebelum acara dimulai suara merdu lantunan ayat suci Al-Qur an yang dibacakan oleh Dina Rahmatun Najma. Dina merupakan juara MTQ tahun 2016 mewakili Jawa Timur di tingkat Nasional.

nuzulul qur an 1Dalam sambutan Bupati Kediri yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM mengatakan peringatan Nuzulul Qur'an merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Kita sebagai umat islam harus menguri-uri sejarah diturunkannya Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia.

Dengan peringatan Nuzulul Qur an ini, saya berharap kita semua menjadi manusia yang berakhlak mulia senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT menjalankan perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. (Kominfo/lks, tee, fz, wk)

Add comment


Security code
Refresh