Selasa, 25 Juli 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Kediri Space Market Pertama di Kabupaten Kediri

Puluhan stand tanpa sekat berjajar di sebuah gudang. Tampak puluhan pemuda hilir mudik membawa barang dan menata stan. Sejauh mata memandang, terlihat aneka produk pakaian, makanan, minuman, aksesoris, kerajinan kayu dan lukisan.

SPACE MARKET

Kesibukan yang terlihat di area gudang itu menjadi awal dari penyelenggaraan Kediri Space Market. Bertempat di Jl. Soekarno Hatta No. 9 Kediri, sebanyak 39 stan memajang aneka produk di event yang mengusung konsep reduce, reuse, dan recycle ini. Ketigapuluhsembilan stan tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Food and Fresh untuk tenant makanan dan minuman, Clothingzone untuk brand label clothing (pakaian) dan merchandise serta Kraftzone untuk produk pernak-pernik dan aksesoris.

SPACE MARKET 3

Pengurus Kediri Space Market Eggy Adityawan bersama Istrinya Uni pasangan Muda yang penuh kreatif memberikan wadah bagi para kaula muda untuk bisa mempertunjukan karyanya, dijelaskan juga bahwa konsep dari Kediri Space Market merupakan kumpulan dari pelaku-pelaku indi, mereka disini bisa bertatap muka langsung dengan pelaku indi lainnya, entah itu pelaku indi kuliner, barang bekas maupun ploting.

Tujuan diadakannya acara ini sebagai wadah bagi anak-anak muda yang kreatif dan lebih bersemangat untuk memunculkan atau menampilkan kreasinya atau hasil produknya juga ide-idenya, harapan dari kami semoga acara seperti ini bisa berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya, teman-teman yang punya usaha bisa lebih dikenal dan dihargai.

SPACE MARKET 6

Hampir seluruh peserta pameran adalah anak muda yang menyuguhkan kreativitas dan inovasi dalam karya mereka. Satu diantaranya adalah Danar Trikumara, yang memajang kreasi tatto kayu. Membawa label “Woodsdtkhee”, Danar menggunakan media kayu pinus untuk membuat screenkayu, lukisan kayu dan lampbox. Para pengunjung pun bisa memesan lukisan kayu atau lampbox dengan foto mereka.

“Untuk yang membeli produk atau memesan di acara Kediri Space Market ini dapat potongan 20%. Bisa request gambar atau foto apapun,” promo Danar sambil tersenyum. Keikutsertaannya di event ini adalah untuk lebih mengenalkan produknya. “Melalui acara ini saya berharap kreasi kami benar-benar dinilai masyarakat, tidak hanya jadi kesenangan pribadi tapi juga bisa diterima masyarakat luas,” lanjutnya.

SPACE MARKET 4

Di sudut lain tampak beberapa pengunjung berkerumun di stan Bursa Suhat. Beragam pakaian dipajang, mulai kemeja, gamis, blouse dan celana. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa memilih tas, jilbab, khimar dan pasmina. Yang menarik, pemilik Bursa Suhat menawarkan diskon yang cukup besar bagi pembeli yang membayar dengan uang receh. “Tema kami ‘Save Receh’. Karena banyak orang yang menganggap sepele uang receh, padahal itu juga bernilai. Bagi yang membayar dengan uang receh bisa membeli produk kami dengan separuh harga,” terangnya.

SPACE MARKET 5

Selain menjadi ajang promosi kreativitas anak muda, Kediri Space Market juga menjadi sarana pemasaran produk UMKM Kabupaten Kediri. Terlihat produk UMKM seperti kripik tahu, getuk pisang dan kerajinan pasir dipajang di salah satu stan. Tidak hanya menyuguhkan hiburan berupa pertunjukan band, beberapa properti ditata dengan menarik sebagai tempat selfie bagi para pengunjung.

Wwooowww… makin malam makin rame, dan jalan Soekarno-Hatta terjadi kemacetan panjang, apalagi malam minggu, dari anak kecil sampai yang tua berduyun-duyun memadati area Kediri Space Market. jangan lupa besok hari terakhir datang lagi yaaa.... (Kominfo, YRPD, TEE, WK).

Comments   

 
0 #1 Yohanes Budi Cahyono 2017-05-23 05:25
Salut ! Sebuah terobosan yang berpihak pada masyarakat, khususnya pelaku usaha UMKM. Semoga Space Market ini digelar secara rutin agar tidak saja menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat terkait "event" baru ini tapi juga semakin berpotensi memperluas jangkauan pasar maupun kuantitas pelaku usaha UMKM yang terlibat. Saya yakin, ajang seperti merupakan salah satu pilar kekuatan ekonomi kerakyatan, disamping berbisnis di sektor informal..... Sekali lagi, salut buat inisiator, fasilitator dan pemerintah Kabupaten Kediri !....
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh