Kamis, 27 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Lawatan Sejarah dan Budaya Kabupaten Kediri

Jangan lupakan dan jangan tinggalkan sejarah, nama besar Petilasan Sri Aji Joyoboyo yang berlokasi di Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri memang sudah dikenal se antero jagat. Bahkan sampai sekarangpun banyak orang masih menggunakan Ramalan Jayabaya atau disebut juga Jangka Jayabaya.

LAWATAN SEJARAH 3

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Selasa (11/4) mengadakan Lawatan Sejarah dan Budaya yang berlokasi di Pendopo Petilasan Sri Aji Joyoboyo dengan peserta sekitar 50 siswa dan siswi SMA dan SMK pilihan atau terbaik yang ada di Kabupaten Kediri.

LAWATAN SEJARAH 1

Plt.Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gembong Prajitno,SE mengatakan bahwa pagi ini merupakan awal dari lawatan sejarah dan budaya tahun 2017, dengan kegiatan ini kami berharap para siswa bisa memahami apa budaya yang tersimpan di Kabupaten Kediri, terkait dengan keragaman budaya panji sebagai wujud kearifan lokal budaya kita.

LAWATAN SEJARAH 2

Pemerintah Kabupaten Kediri sangat mengapresiasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dikarenakan bahwa saat ini nilai budaya mulai tergerus dan terlupakan, jadi kegiatan ini bisa untuk memberitahukan dan menyebarluaskan sejarah perjuangan dan kebudayaan kepada generasi muda khususnya di Kabupaten Kediri.

LAWATAN SEJARAH 5

Kegiatan ini juga bisa untuk pembelajaran dan mengenalkan sejak dini kekayaan budaya dan peninggalan sejarah, sehingga dapat menumbuhkan rasa cinta dan menghargai sejarah dan budaya dalam diri generasi muda khususnya para siswa yang terlibat, juga tentang arti penting sejarah.

Saat ini kita berikan dulu pembekalan sejarah dan budaya yang ada di Kabupaten Kediri, setelah itu mulai besok kita akan mengunjungi simbol-simbol kebudayaan, rencananya kita mulai dari Situs Panji yang berada di Desa Gambyok Kecamatan Grogol. Kata Gembong.

LAWATAN SEJARAH 4

Narasumber kali ini didatangkan dari Sekretaris TP3 Kabupaten Kediri Drs. Eko Ediono,Msi. Dengan penuh guyonan menjelaskan bahwa Budaya Daerah Sebagai Modal Dasar Membangun Karakter Bangsa.

Nilai Moral yang disampaikan dalam Budaya Daerah Kabupaten Kediri dapat dikembangkan sebagai modal dasar pembangunan terutama melalui Agama dan Kepercayaan sebagai tuntunan utama masyarakat, juga adanya keterbukaan terhadap informasi dan nilai-nilai baru.

LAWATAN SEJARAH 6

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Kabupaten Kediri dengan masyarakat yang agraris namun dinamis, saling menghormati adat istiadat dan hubungan kekerabatan, sebagai generasi penerus harus bisa memilih dan memilah kreasi seni budaya tradisional dan modern yang berjalan seiring, menghormati sejarah leluhur dan peninggalannya.

Pembangunan akan berjalan dengan baik apabila terjadi kesinambungan (harmoni) antara Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam, harus didasari moralitas yang baik, manusia tidak akan merusak alam apabila memiliki moral yang baik, keharmonisan itulah kuncinya keberhasilan pembangunan manusia. Terang Eko Ediono(Kominfo, YRPD, YDA, WK).

Add comment


Security code
Refresh