Jumat, 22 September 2017

Telur Asin Barokah Abadi, Lezat Tiada Duanya

Kabupaten Kediri memiliki sentra produksi usaha kecil telur asin. Tepatnya terletak di Desa Tegalan Kecamatan Kandat. Tidak hanya satu yang memproduksi telor asin ini, tetapi ada puluhan warga yang bermata pecaharian memproduksi telur asin. Senin (3/4)

TELOR ASIN 1

Salah satu telur asin yang tergolong laris adalah yang diproduksi oleh Bapak Koyan dan Ibu Asih Wirianti. Usaha yang dijalani oleh sepasang suami isteri tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1996 yang lalu.

Berawal dari coba-coba dan produksi masih sedikit Pak Koyan dan isterinya memasarkan sendiri daganganya ke pasar disekitar Kota Kediri. Tidak disangka konsumen banyak sekali yang ketagihan dengan telur asin buatannya, akhirnya produksi diperbanyak dan terus ditingkatkan hingga sekarang ini.

TELOR ASIN 3

Koyan mengatakan saat ini sehari saya memproduksi 1.000 sampai 1.500 butir telur asin. Perbutir telur asin saya jual dengan harga Rp. 3.000,-. Ada juga yang telah dikemas dalam kotak, satu kotak berisi 6 butir telur dengan harga Rp. 20.000,-.

Untuk pemasarannya disekitar Kediri sudah banyak yang menjual telur asin merk “Barokah Abadi” produksi saya ini. Misalkan di pusat oleh-oleh GTT (Gudang Tahu Takqa) yang terletak di Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem sudah tersedia. Kalau berjalan-jalan ke Surabaya bisa mendapatkan telur asin ini di Grandmart Surabaya.

TELOR ASIN 2

Keunggulan dari telur asin “Barokah Abadi” dibandingkan dengan yang lainnya adalah bahan dasar telur bebek diperoleh dari disekitar Desa Blabak Kecamatan Kandat dan Kecamatan Ngadiluwih, karena sudah kenal jadi bisa memilih telur-telur yang ukurannya besar-besar. Selain itu telur asin ini bisa tahan sampai 28 hari dan rasanya tidak berubah sama sekali.

Harapan kedepannya usaha telur asin “Barokah Abadi” akan lebih saya tingkatkan lagi dengan inovasi baru produksi telur asap. Yang menjadi kendala saat ini adalah alat untuk meningkatkan produksi telur asap tersebut. Semoga dengan usaha yang saya jalani ini semakin berkembang dan mampu menyerap tenaga kerja yang utamanya warga sekitar desa Tegalan. Kata Koyan.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Ir. Adi Suwignyo, M.Si yang datang sendiri menyaksikan produksi telur asin Bapak Koyan mengatakan saya kalau tidak datang dan mencoba sendiri itu rasanya kurang marem.

TELOR ASIN 4

Setelah saya coba rasanya itu benar-benar beda dengan telur asin lainnya dipasaran. Telur asin Barokah Abadi memang masir, lembut, enak dan tidak terlalu asin. Sangat cocok untuk lauk saat makan dan tidak kalah nikmatnya  ketika langsung dimakan.

Saya berharap UMKM Kabupaten Kediri semakin meningkat dan berkembang agar perekonomian di Kabupaten Kediri juga semakin meningkat. Kata Adi Suwignyo.

Bila berminat silahkan pesan di No HP. 081 359 007 983 (Kominfo, LKS, YDA, YRPD)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM