Sabtu, 27 Mei 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Rumah Pintar Pemilu “Joyoboyo” Wadah Komunitas Penggiat Pemilihan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Joyoboyo”, Jumat (31/3) di KPU Kabupaten Kediri. Tampak hadir Anggota Komisioner KPU Provinsi Jatim Gogot Cahyo Baskoro, S.Sos, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kediri, relasi KPU, Karang taruna, BEM, perwakilan ormas beserta awak media.

KPU 5

Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo, S.Pt., M.MA menyampaikan selamat datang kepada undangan dan menyampaikan tujuan dibukanya Rumah Pintar Pemilu Joyoboyo. “Rumah Pintar Pemilu Joyoboyo ini adalah untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum khususnya di Kabupaten Kediri dalam melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan,”kata Sapta.

KPU 6

Rumah Pintar Pemilu Joyoboyo ini, lanjut Sapta, memberikan kesempatan kepada setiap warga khususnya warga di Kabupaten Kediri untuk sadar tentang hak politiknya dan semakin tergugah untuk menggali informasi kepemiluan di Indonesia dan di Kabupaten Kediri. RPP tersebut juga menjadi sarana belajar dan berdiskusi yang terbuka untuk masyarakat umum, dimulai dari sejarah perkembangan pemilu di Indonesia hingga mengetahui dan merasa lebih dekat dengan struktur personil KPU Kabupaten Kediri baik komisioner maupun sekretariat yang senantiasa melayani.

Menurut Sapta, pemilihan nama “Joyoboyo” tidak lepas dari sosok raja yang memiliki kekuasaan yang absolut dan bijaksana, “Joyoboyo merupakan sosok visioner yang mampu memandang jauh ke depan mengenai suatu hal yang baik untuk kerajaan dan rakyatnya” urainya.

KPU 2

RPP Joyoboyo menjadi wadah bagi komunitas penggiat pemilihan dalam melahirkan gagasan pembaharuan dan perbaikan proses politik dan demokrasi, khususnya di Kabupaten Kediri. Berbagai ruangan di Rumah Pintar ini antara lain ruang diskusi yang dipergunakan untuk melakukan diskusi antara pihak masyarakat umum dengan KPU Kabupaten Kediri, pelaksanaan workshop, Focus Group Discussion (FGD), hingga seminar tentang kepemiluan.

KPU 1

Ruang pameran berfungsi untuk menampilkan display aneka produk yang dihasilkan oleh KPU Kabupaten Kediri dalam berbagai ajang pemilu, mulai dari Pemilihan Umum, Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri. Selain itu juga terdapat diorama visualisasi 3 dimensi yang menceritakan peristiwa kepemiluan mulai pemungutan suara, denah TPS dan sebagainya.

Ruang PPID untuk pengelolaan permintaan informasi data yang terkait dengan pelayanan permintaan informasi dan data kepemiluan hingga instansi KPU Kabupaten Kediri sendiri. Disini helpdesk ditempatkan untuk melayani permintaan masyarakat.

KPU 7

Ruang audio visual dan ruang simulasi menyajikan pemutaran film-film kepemiluan dan dokumentasi program kepemiluan. Terdapat pula alat peraga yang dipergunakan dalam simulasi, antara lain simulasi pemungutan dan penghitungan suara, penghitungan alokasi perolehan kursi dan lain sebaginya.

"Rumah Pintar Pemilu Joyoboyo diharapkan nantinya memberikan sumbangsih yang besar dalam pendidikan demokrasi dan memupuk kesadaran berpolitik yang sehat di Kabupaten Kediri,” harap Sapta. (Kominfo.nies/tee)

Add comment


Security code
Refresh