Jumat, 28 April 2017
Logobar1

PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI

Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Kediri Telepon: 0354 689901-5

Pengarahan Tim Saber Pungli kepada Petugas Pemungut Pajak & Retribusi Daerah

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kediri menggelar Rapat Koordinasi dan Pengarahan Tim Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar) Kabupaten Kediri, terkait dengan Pemungutan Pajak dan Retribusi Daerah. Rapat Koordinasi dan Pengarahan Tim Saber Pungli tersebut digelar di Pendopo Kabupaten Kediri pada hari Senin 27 Maret 2017.

SABERPUNGLI 1

Sebanyak 258 tamu undangan hadir, terdiri dari unsur UPT Bapenda, petugas pungut pasar, seluruh kasir dan pembantu kasir kecamatan se-Kabupaten Kediri, serta PNS dan Non PNS yang ada di lingkup Bapenda.

Plt. Kepala Bapenda Syaifudin Zuchri, S.Sos. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbekalangi keinginan untuk menyelenggarakan pelayanan publik yang baik dan transparan. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para petugas pemungut pajak dan retribusi daerah tentang apa itu pungli, dan agar mereka tidak melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji dalam kegiatan pemungutan pajak.

SABERPUNGLI 2

“Pengarahan ini kita lakukan untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan pegawai, utamanya terkait pemungutan pajak dan retribusi. Semoga kedepan kinerja kita lebih baik dan taat terhadap peraturan yang ada,” kata Syaifudin Zuchri.

Di kesempatan yang sama, Inspektur Kabupaten Kediri Drs. Sutrisno, MM. mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, para petugas pungut harus benar-benar memahami aturan dan pedoman dalam melaksanakan tugasnya. “Pengarahan ini merupakan wujud salah satu fungsi Saber Pungli, yaitu pencegahan. Saber Pungli tidak hanya penindakan atau OTT tapi juga diawali dengan pencegahan. Dengan pembinaan seperti ini, diharapkan rekan-rekan dapat melaksanakan tugas dengan lancar dan sesuai aturan,” terangnya.

SABERPUNGLI 3

Acara pengarahan yang dimulai pukul 19:00 WIB tersebut menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Kabupaten Kediri, Polres Kediri dan Polres Kediri Kota. Selain mendapatkan pengetahuan tentang segala sesuatu tentang pungli, para peserta juga menandatangani pakta integritas, sebagai janji bahwa mereka akan melakukan tugas dengan benar, sesuai nurani dan aturan yang berlaku. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh