Senin, 21 Agustus 2017

Dispendukcapil Kabupaten Kediri Luncurkan Layanan Keliling 1 Hari Jadi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kediri meluncurkan program Kegiatan Pelayanan Keliling 1 hari jadi. Kegiatan ini menjadi jawaban akan harapan masyarakat Bumi Panji Kediri akan layanan kependudukan dan catatan sipil yang cepat, efektif, dan gratis.

CAPIL 6

Seperti dilaksanakan pada hari ini, Selasa (7/3), Layanan Keliling Dukcapil 1 hari jadi dilaksanakan di Balai Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan. Ini merupakan kali kedua setelah pembuka program ini mengambil tempat di Desa Keniten Kecamatan Mojo, Senin (6/3).

Kabid Kependudukan, Drs. Sri Ilham Wahyu Subekti, M.Si, mengatakan program ini perwujudan dari inovasi dan upaya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Kabupaten Kediri. Dikatakan olehnya antusiasme masyarakat hingga hari kedua ini sangat positif akan hadirnya layanan ini.

CAPIL 4

“Ada sekitar seratusan pendaftar yang mengajukan ke desa untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan pada hari ini, dan pada jam 9.00 wib, telah terselesaikan sekitar 47 dokumen,” ucapnya.

Ditambahkan Ilham, layanan ini merupakan keinginan Bupati dr. Hj Haryanti Sutrisno untuk efisiensi pelayanan kepada masyarakat. Jika dulu pelayanan dokumen kependudukan bisa tujuh hari sekarang bisa maksimal tiga hari.

CAPIL 1

“Layanan catatan keliling ini satu minggu dilaksanakan dua kali. Silahkan dilihat jadwalnya untuk desa selanjutnya. Silahkan layanan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya. Targetnya adalah hingga tercapai 100% penduduk memiliki e-KTP dan Akta Kelahiran 80 %. Karena Akta lahir merupakan dokumen berkekuatan hukum yang sangat penting dan menentukan,” imbuh Ilham.

Dalam pengamatan Kominfo, antusias masyarakat sangat luar biasa dengan hadirnya pelayanan keliling seperti ini. Sejak pagi, ratusan warga sudah menunggu dengan tertib tanpa berdesakan. Menurut data desa keniten kemarin berhasil menyelesaikan 140 dokumen dan langsung diterima warga saat itu juga. Dokumen yang dilayani diantaranya akte kelahiran, kartu keluarga, e-ktp, maupun akte kematian.

CAPIL 2

Ditemui di kantornya Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dede Sujana, S.Sos, M.Si mengatakan layanan ini merupakan upaya memberikan layanan yang efektif, efisien, cepat dan gratis.

“Upaya bisa terlayani administrasi kependudukan di semua desa merupakan usaha untuk memangkas birokrasi. Desa yang diutamakan adalah memiliki tingkat kesejahteraan dibawah garis kemiskinan yang cukup tinggi agar mempermudah layanan kepada masyarakat mendapat layanan kependudukan,” jelas Dede.

CAPIL 3

Ditambahkan oleh Dede, Jadwal Pelayanan Keliling 1 hari jadi berikutnya di Desa Tiron Kecamatan Banyakan tanggal 9 Maret 2017, Desa Kepung Kecamatan Kepung tanggal 14 Maret 2017, Desa Krecek Kecamatan Badas tanggal 16 Maret 2017, Desa Gadungan Kecamatan Puncu tanggal 21 Maret 2017, Desa Gedangsewu Kecamatan Pare tanggal 23 Maret 2017, Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten tanggal 29 Maret 2017, Desa Kandangan Kecamatan Kandangan 30 Maret 2017.

CAPIL 5

“Itu untuk jadwal bulan Maret, selanjutnya akan menyusul dan diumumkan. Saya berharap masyarakat memanfaatkan program ini sebaik-baiknya, sesuai dengan jadwal kunjungan yang telah ditentukan oleh Dinas kependudukan.” himbau Dede.(Kominfo)

Comments   

 
0 #4 Diya 2017-06-12 12:06
pembuatan E-KTP sampai bentuk fisiknya jadi berapa lama min? saya udah pernah punya, tapi hilang dan saat mengurus lagi, hanya diberi E-KTP sementara.
Quote
 
 
0 #3 dian 2017-05-03 11:36
pelayanan keliling 1 hari jadi untuk kecamatan kunjang kapan ya?
Quote
 
 
0 #2 Kominfo 2017-03-14 09:16
Quoting novita:
Bagaimana dg e ktp yg blm jd?kpn jd nya?suami sudah foti dari agustus 2016.


Hingga hari ini blanko habis. Kemendagri berencana akan mengirim blanko pada bulan April. Untuk informasi lebih lanjut silahkan datang ke Kantor Kecamatan atau ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri
Quote
 
 
0 #1 novita 2017-03-10 18:53
Bagaimana dg e ktp yg blm jd?kpn jd nya?suami sudah foti dari agustus 2016.
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh