Jumat, 21 Juli 2017

Tanggap Darurat Tanggulangi Bencana

Bencana yang terjadi akhir-akhir ini sangat menguras tenaga dan pikiran. Bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Kediri, terutama di daerah Barat sungai akibat curah hujan yang tidak menentu dengan cuaca yang sangat ekstrim, membuat semua terjaga dan siap tanggap darurat.

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bersama dengan Kepala Dinas Sosial, Kepala PU, Kepala BPBD, Kepala Satpol PP serta Muspika Kecamatan Mojo, meninjau langsung tempat terjadinya bencana di Desa Keraton Kecamatan Mojo, Sabtu (4/3).

IMG 8058

Di tengah-tengah peninjauan, dr. Hj .Haryanti Sutrisno bercengkrama dengan penduduk sekitar bencana banjir, sambil menanyakan keadaan warga sekitar dan meminta untuk bersabar menghadapi bencana ini. Beliau mengungkapkan akan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat bencana banjir.

Setelah meninjau lokasi bencana, Bupati Kediri langsung mengadakan rapat membahas pembangunan tanggul dan plengsengan yang jebol akibat tergerus arus air. Harapannya agar masyarakat di sekitar aliran sungai tidak merasa was-was bila terjadi curah hujan yang sangat deras lagi.

IMG 8088

Kepala Desa Kraton sangat berterima kasih atas kunjungan Ibu Bupati Kediri. “Kunjungan Ibu Bupati memberikan support kepada warga saya. Bencana yang ada di Desa Srikaton ini ada empat titik yaitu di Dusun Srikaton, Dusun Tanjung, Dusun Kasremen dan Dusun Dawuhan. Semoga semuanya bisa teratasi,” harapnya.

Camat Mojo Sukemi menjelaskan bahwa kunjungan Ibu Bupati Kediri adalah untuk melihat dari dekat kerusakan yaitu jembatan dan dam yang ada di Desa Kraton. “Dengan adanya kunjungan ini saya berharap Dinas-Dinas terkait untuk segera melakukan pembenahan atau perbaikan jembatan dan dam yang terkena bencana banjir bandang,” kata Sukemi.

IMG 8073

Danramil Kecamatan Mojo menyatakan dalam hal keamanan pihaknya selalu siap membantu kesulitan masyarakat. “Kami juga terus berkoordinasi baik dengan Camat maupun Kepala Desa, apabila dalam pelaksanaan pembangunan nanti kami siap membackup kelancaran pekerjaan tersebut,” ungkapnya.

Ditegaskan juga oleh Plt. Hari Wahyu Jatmiko Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Kediri, bersama tim tinjau langsung lokasi bencana di Kecamatan Mojo mulai dari Desa Ngadi, Ngetrep, Kraton untuk melihat penanganan darurat yang sudah dilaksanakan oleh warga desa.

IMG 8103

“Alhamdulilah, berkat bantuan darurat dari BPBD berupa bronjong, telah berhasil dilakukan pembangunan oleh warga desa baik di jembatan maupun dam. Ini semua juga hasil kerjasama dengan Dinas Teknis, untuk penangan dam kami akan bekerja sama dengan Dinas PU Kabupaten Kediri untuk penanganan secara permanen,” kata Hari. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh