Jumat, 21 Juli 2017

UMKM Kabupaten Kediri Kebanjiran Rejeki

Aksioma yang berlangsung selama 4 hari yaitu tanggal 22 – 25 Pebruari 2017 merupakan berkah tersendiri bagi para pelaku UMKM dan PK5 Kabupaten Kediri. Bagaimana tidak, banyaknya peserta dan official Aksioma 2017 yang mencapai 6.600 orang sangat menyukai jajanan maupun souvenir khas Kabupaten Kediri tersebut.


Berpusat di Kecamatan Pare Kabupaten Kediri semua pelaku UMKM semangat sekali dan sejak pagi hari menggelar dagangannya. Di lokasi MTsN Model Pare ada sekitar 26 pelaku UMKM menggelar hasil karyanya di 10 stand yang disediakan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri.

Ada yang dimakan ditempat, seperti makanan olahan dari tahu yang dikelola oleh pusat oleh-oleh GTT. Pusat oleh-oleh GTT menjual hampir semua produk UMKM yang ada di Kabupaten Kediri. Tidak hanya makanan, gelang genetri asal Kecamatan Mojo juga laris manis diborong pembeli sebagai oleh-oleh. Sepatu buatan pengrajin dari desa Gedangsewu Pare juga kebanjiran rejeki dari ajang Aksioma tersebut.

umkm aksioma 1Selain produk UMKM juga ada hasil pertanian yang menjadi pilihan dari peserta luar daerah. Buah lokal yang dijual disini adalah nanas dari desa Sugihwaras yang dikenal dengan sebutan nanas Kelud, rasanya manis beda dengan nanas-nanas lain yang ada diluar daerah.

Indarwati salah satu pengrajin yang menjual gelang Genitri mengatakan hari pertama pembukaan Aksioma belum begitu ramai pembeli baru pada hari kedua pengunjung berdatangan. Lumayan gelang genetri buatan saya disukai oleh para pengunjung dan semakin dikenal bahwa Kecamatan Mojo sentranya pengrajin gelang Genetri.

Tidak kalah dengan gelang genetri, pengrajin sepatu desa Gedangsewu Pare juga kebanjiran pembeli. Ibu Partiyah sebagai pengrajin sangat senang pemerintah Kabupaten Kediri begitu perhatian terhadap para Pelaku UMKM. “Setiap ada event apapun pasti disediakan stand untuk kami berjualan dan memperkenalkan produk-produk yang menjadi andalan Kabupaten Kediri,” terang Partiyah

umkm aksioma 2Selain sepatu kami juga membuat kerajinan Sandal, Tas, Sabuk, Dompet dan lain-lain. Kami juga melayani pemesanan dengan menghubungi Pin BB : 5E9B0022 atau WA : 0857 4838 0566

Jika menginginkan gelang genetri Asli Mojo, Gunung Wilis bisa langsung datang Desa Kedawung RT. 01 RW 13 Mojo Kediri atau menghubungi 082 131 444 040 Myesa Craft dan Accessories.

Ahmad Wahyudi Kontingen dari Pamekasan Madura yang memborong tahu dan gethuk khas Kabupaten Kediri.

Wahyudi mengaku, tahu disini rasanya mantab yang selalu bikin kangen, setiap ke Kediri saya pasti membawa oleh-oleh khas Kabupaten Kediri ini. Mumpung hari ini terakhir saya membeli 20 besek tahu kuning dan 25 genthuk untuk oleh-oleh teman-teman di Madura. (Kominfo)

Add comment


Security code
Refresh

Liputan UKM