Selasa, 25 Juli 2017

“Bernike Garden” Kembangkan Bibit Buah Lokal Unggulan Kabupaten Kediri

Melihat kebun bibit yang ada di Desa Banaran Kecamatan Kandangan atau tepatnya di Jalan Malang, milik Welly Siswanto dengan nama “Bernike Garden”, dengan aneka buah unggulan lokal Kabupaten Kediri, banyak sekali dikembangkan di sini.

Welly Siswanto mengatakan mulai tertarik usaha ini sejak 25 tahun yang lalu sekitar bulan Juni, dulu saya pake nama Welly Garden, setelah anak saya lahir baru saya ganti menjadi Benike Garden. Dulu, usaha saya ini memang banyak yang mencemooh, apalagi saya mulai dengan pembibitan dan belum seperti sekarang ini sudah kelihatan berbuah dan banyak sekali peminatnya. (21/2)

 

Jatuh bangun itu biasa bagi saya, awal mula pembibitan saya awali dengan tanaman jambu Bangkok, jadi saya aslinya petani jambu Bangkok, lalu bibit jambu Bangkok ini saya kirim ke toko-toko di Surabaya dan Malang. Dengan berjalannya waktu saya sudah belajar berusaha untuk menambah varietas-varietas yang lebih bagus yang kita kembangkan. Kata Welly.

Cerita masalah suka duka usaha ini sangatlah panjang, diawali waktu saya menawarkan bibit srikaya gundul, banyak orang mencibir karena nama gundul itu dari mana. Setelah 5 tahun kemudian baru buming, mulailah teman-teman yang lain melihat bahwa pembibitan Bernike itu sesuatu yang konsisten dalam arti selama bertahun-tahun tidak dianggap tetapi kita tetap melakukan hal yang sama dan kita pantang menyerah.

WELLY KANDANGAN 1

Setelah 5 tahun melihat hasil dari buah Srikaya Gundul ini, mereka akhirnya berduyun-duyun minta bibitnya untuk dikirim, selain srikaya gundul saya juga membudidayakan Srikaya mini, melihat namanya mini semuanya sangat kecil banget atau kerdil, jadi barometer kita untuk menjual 2 nama dari Srikaya ini cukup hebat. Untuk Srikaya Mini buahnya besar tetapi daunnya kecil, sedangkan jarak antar daun sangat kecil atau berdempetan. Mulai dari sinilah kesuksesan dari usaha pembibitan Bernike Garden.

Dibantu dengan 9 orang, dengan luas sekitar 1,5 Ha, selain disini ada 5 tempat pembibitan yaitu di Cipanas Jawa Barat, di Kebun Putuk di Kecamatan Kandangan. Untuk Motto atau motivasi yang membuat saya sukses nasehat dari Ibu saya yaitu 3 U (Ubet, Ulet, Utek).

WELLY KANDANGAN 5

Kalau dari Bapak yang sampai saat ini terus mengiang di telinga saya yaitu PASTI (Pikiran, Aku, Sudah, Tiada, Indibisi) yang artinya segala sesuatu itu harus ada kepastian, bibit harus pasti, jual harus ada kepastian, disini saya belajar bagaimana memberikan jaminan seseorang dengan kepastian. Kalua dari saya dengan kata-kata SUKSES ini gabungan dari keduanya artinya Saya Ulet Karena Saya Enggan Sengsara. Jadi kalua tidak mau susah saya harus ulet dalam segala hal. Inilah yang saya ajarkan kepada teman-teman yang lain. Terang Welly dengan bangga.

Ditambahkan oleh Camat Kandangan Sunar Utomo, SAP. MM, bahwa saya sangat mengapresiasi sekali usaha pembibitan buah lokal juga buah unggulan di Kabupaten Kediri, hal ini sesuai dengan himbauan Ibu Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno bahwa kita sebagai warga Kabupaten Kediri harus membanggakan buah lokal yang kita punyai juga selalu mengkonsumsi buah lokal.

WELLY KANDANGAN 3

Buah lokal disamping banyak gizi dan vitamin juga tidak mengandung bahan pengawet, tidak seperti buah import banyak sekali pengawetnya. Kalua kita konsumsi buah import disamping harga yang mahal kita bisa terkena dampak pengawet tersebut, perlu kita ketahui pengawet dari buah import banyak yang mengandung bahan Formalin. Efek racun yang kita konsumsi bagi tubuh bisa menyebabkan kanker, mutagen yang menyebabkan perubahan gen dan jaringan tubuh, gangguan pernafasan dan masih banyak lagi akibat dari seringnya kita mengkonsumsi buah import.

WELLY KANDANGAN 6

Maka dari itu dengan adanya kebun bibit ini, dengan tanaman yang tidak terlalu besar dan tinggi, cocok sekali bagi yang tidak memiliki lahan bisa di tanam di pekarangan atau di tanam di pot dan bisa menjadi tabulampot (tanaman buah dalam pot). Saya juga sudah punya rencana untuk membeli bibit buah lokal yang nantinya akan kita tanam di Desa-Desa dengan tujuan disamping untuk penghijauan, bisa menambah atau meningkatkan kesejahteraan warga Kecamatan Kandangan ini. Kata Sunar sambal memperlihatkan buah belimbing yang siap untuk di konsumsi, hhhhmmm rasanya manis mantappppp. (Kominfo)

Bila ingin pesan silahkan hubungi

Welly Siswanti “Bernike Garden” HP. 0856 4962 4848, 0857 3235 7348 atau 0354 – 326208

Alamat Jalan Malang Desa Banaran Kecamatan Kandangan

Add comment


Security code
Refresh